Pengembangan Wisata: Desa Pampang Bersiap Bangun Glamorous Camping

oleh
Kepala Desa Pampang, Iswandi menunjukkan desain Glamping Desa Pampang. KH

WONOSARI, (KH),– Tahun depan Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul akan melanjutkan pembangunan pengembangan desa wisata. Setelah rintisan awal, destinasi digital terealisasi, Desa Pampang berencana akan membangun Glamorous Camping (Glamping).

Kepala Desa Pampang, Iswandi beberapa waktu lalu mengatakan, glamping merupakan wahana kegiatan berkemah dengan dilengkapi beragam fasilitas. Selain sudah disediakan tenda yang berkelas, kebutuhan beragam kuliner juga tersedia.

“Tempat ini sangat cocok bagi para petualang yang ingin berkemah tetapi tidak ingin ribet. Tempat bekemah yang eksklusif, didesain memiliki lingkungan dengan pemandangan yang indah,” papar Iswandi.

Saat ini, pembangunan telah diawali dengan membuat lahan parkir dan kamar mandi komunal memanfaatkan dana dari Dinas Pariwisata Propinsi.

Sementara pihak desa juga akan menganggarkan sebagian dana desa untuk pengembangan wahana wisata tersebut yang berjumlah sekitar Rp. 100 jutaan. Tahun ini sementara akan digelontorkan sebanyak Rp. 50 juta. Kemudian sisanya akan diberikan tahun depan.

Selain pembangunan berbagai fasilitas berupa kawasan tenda, pendopo (area makan), panggung, dan pasar kuliner juga akan dilakukan penghijauan di kawasan Glamping.

Lokasi Glamping di Desa Pampang. KH

Iswandi berharap, Kementerian Pariwisata juga memberikan dukungan pembangunan Glamping Desa Pampang ini. Menurut Iswandi, Kementerian Pariwisata berencana melakukan pengembangan destinasi digital terlebih dahulu dengan dana yang mencapai sekitar Rp. 400 jutaan.

Selama persiapan, pihaknya terus melakukan koordinasi baik dengan Dinas Pariwisata Kabupaten juga dengan Dinas Pariwisata Propinsi.

“Kedepan destinasi digital yang lebih dahulu dirintis akan dipadukan dengan Glamping. Pada kawasan Glamping, saat musim padi pemandangan menjadi hijau dan asri,” jelas Iswandi menggambarkan salah satu sisi menarik dari Glamping. (Kandar)

Komentar

Komentar