Penanganan Sampah, Terapkan 3R Dan Biasakan Untuk Tidak Membuangnya Ke Sungai

oleh
Kegiatan aksi bersih sungai menyambut Hari Bumi oleh DLH, Kodim 0730, dan SMAN 2 Playen. foto: istimewa.

PLAYEN, (KH),– Jelang peringatan Hari Bumi 22 April nanti, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Gunungkidul, menyelenggarakan serangkaian kegiatan serta mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan. Salah satu rangkaian kegiatan yang telah terlaksana yakni aksi bersih sungai.

Kegiatan tersebut berlangsung beberapa waktu lalu. Kegiatan diselenggarakan bersama jajaran Kodim 0730 Gunungkidul dan siswa SMAN 2 Playen. Pada kegiatan aksi bersih sungai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, membersihkan sungai merupakan salah satu bentuk peduli terhadap bumi.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan penanganan terhadap sampah dengan melakukan 3R, yakni reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

“Salah satu tantangan berat yakni penyadaran kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran sungai,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, dampak sampah yang masuk ke sungai cukup berbahaya. Mulai dari pencemaran hingga resiko banjir karena penyumbatan daerah aliran sungai.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator Adiwiyata SMA N 2 Playen, Amin Sabarti mengatakan, kebiasaan hidup bersih atau mencintai lingkungan tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi juga di lingkungan sekitar termasuk di sungai serta di lingkungan rumah.

“Sebagai sekolah yang memiliki predikat Adiwiyata Nasional, SMN 2 Playen berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya. (Wibowo)

Komentar

Komentar