Pemkab Gunungkidul Salurkan Bantuan Mesin Pertanian Modern Ke Petani

oleh
Penyerahan mesin pertanian modern kepada puluhan kelompok tani di Gunungkidul. KH/ Wibowo.

WONOSARI, (KH),– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Pertanian Dan Pangan menyerahkan berbagai bantuan berupa peralatan pertanian kepada puluhan kelompok tani, Rabu, (11/7/2018).

Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, penyerahan bantuan merupakan upaya pemerintah dalam hal meningkatkan efisinesi operasional dan waktu kerja petani.

“Bantuan alat pertanian yang diberikan pada bulan Juli ini diharapkan dapat membantu petani menghadapi masa tanam yang diperkirakan mulai dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang,” jelas Bambang di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul.

Berbagai peralatan pertanian modern yang diberikan juga merupakan respon adanya potensi pertanian yang cukup baik di wilayah Gunungkidul. Bantuan yang berasal dari Kementerian Pertanian Pusat tersebut diserahkan oleh Bupati Gunungkidul, Badingah, S.Sos.

Dalam kesempatan tersebut, Badingah mengatakan, alat mesin pertanian diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan tanah oleh petani. Sehingga akan mempercepat luas tambah tanam yang sedang dan terus diupayakan.

“Alat tersebut cukup efektif dan mudah dioperasikan, serta dapat menekan biaya operasional,” tandas Badingah.

Bantuan sarana pertanian yang diberikan berupa sembilan unit power thresher, satu unit traktor roda empat, delapan unit cultivator, tiga puluh unit traktor roda dua, sebelas unit pompa air enam inch, dan dua puluh pompa air ukuran empat inch.

Saat ditemui, salah satu anggota Kelompok Tani Sido Rukun asal Kecamatan Girisubo, Kasidi mengatakan, bantuan alat pertanian diharapkan dapat menekan biaya produksi dan mempersingkat waktu pengerjaan tanah. (Wibowo)

Komentar

Komentar