Pemdes Diharap Turut Dukung Eksistensi Perpusdes

oleh
Drs Ali Ridlo, MM, Kepala DPK Kab. Gunungkidul Dok. KH/ Kandar

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul mendorong pemerintah desa untuk mendukung eksistensi dan perkembangan Perpustakaan Desa (Perpusdes).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, Ali Ridlo, Kamis, (5/4/2018) mengatakan, Pemdes diminta berperan dalam peningkatan minat baca salah satunya melalui penyediaan anggaran dari dana desa.

“Tidak hanya untuk peningkatan fasilitas fisik, tetapi juga untuk kepentingan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM),” harap Ali Ridlo.

Menurutnya, hal tersebut demi terwujudnya perpustakaan agar tidak hanya sebagai tempat meminjam buku, akan tetapi perpusdes mampu bertransformasi sebagai pusat kegiatan masyarakat. Perpustakaan desa harus mampu beradaptasi serta berevolusi sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman.

Dirinya menyebut, berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan di perpusdes meliputi pelatihan praktik pembuatan blangkon, pelatihan internet, pelatihan seputar olahan makanan, kerajinan, pelatihan menari dan masih banyak lagi.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mempelajari ilmu dari buku-buku dan internet yang ada di perpustakan. Saat ini ada sebanyak 29 perpusdes yang sudah bertransformasi menjadi pusat kegiatan,” terang Ali.

Terpisah, pengurus perpustakaan Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Yuliasih Dwi Martini menganggap, perkembangan perpusdes di wilahnya cukup baik. Pihak desa memiliki kesadaran tinggi dalam penyediaan anggaran guna mendukung keberlangsungan perpusdes.

“Perpustakaan yang baik memiliki berbagai konten buku yang mampu menunjang pemberdayaan masyarakat. Selain itu perlu adanya ruang dan fasilitas yang siap digunakan generasi muda,” jelas perempuan yang juga menjabat Kepala Desa Sambirejo ini. (Wibowo)

Komentar

Komentar