Pelajar Antusias Ikuti Orientasi Dasar Penelitian Bersama LIPI

Kegiatan ODP Sagasitas Gunungkidul bersama BPTPA LIPI Gading, Playen Gunungkidul. KH
Kegiatan ODP Sagasitas Gunungkidul bersama BPTPA LIPI Gading, Playen Gunungkidul. KH

PLAYEN, (KH)— Berawal adanya kendala jarak apabila harus ke Yogyakarta siswa Gunungkidul yang memiliki minat dalam kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dalam memperoleh materi terkait penelitian, maka Sagasitas Gunungkidul mengadakan Orientasi Dasar Penelitian (ODP) di Gunungkidul.

Sagasitas, atau komunitas ilmiah yang berkonsentrasi dalam pembinaan penelitian siswa wilayah Gunungkidul ini menggandeng Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) – LIPI Gading, Playen Gunungkidul dalam menyelenggarakan ODP yang pertama kalinya.

Ketua Sagasitas Gunungkidul, Dedy Cipto Hartono, S.Pd mengungkapkan, siswa SMA/ SMK dan MA di Gunungkidul cukup antusias dengan kegiatan tersebut, terlihat dari kuota 60 siswa yang direncanakan, kenyataannya jumlah siswa yang hadir melampaui jumlah tersebut.

“Siswa yang terlibat ada 80 anak dari 21 SMA, turut hadir mendampingi sebanyak 19 guru. Sagasitas memang pusatnya di Yogya, namun jika siswa harus ke Yogyakarta memiliki banyak kendala, makanya kita adakan di Gunungkidul,” kata Dedy.

Dalam kegiatan ini, ulas dia, bertujuan menitikberatkan supaya anak mengenal sebuah penelitian, kemudian ke-dua agar anak dapat membuat proposal penelitian, lalu agar mereka juga mengenal metodologi penelitian termasuk bagaimana mengolah datanya.

Dedy berharap, siswa yang terlibat mendapat banyak pengetahuan terkait seluk beluk penelitian, menurutnya kegiatan ini erat kaitannya dengan implementasi kurikulum 2013 yang memiliki penekanan pada scientific dan riset.

Kasie Layanan Jasa dan Informasi BPTPA LIPI, Ema Damayanti, M.Biotech, menambahkan, secara kebetulan BPTBA LIPI juga memiliki program melayani bimbingan penelitian bagi mahasiswa dan siswa sekolah menengah.

“Selaras juga dengan agenda tahunan BPTPA LIPI, yaitu peringatan Harteknas,” imbuh Ema. Sesuai pantauan, nampak puluhan siswa seusai mendapat materi di ruang teori lantas terbagi menjadi beberapa rombongan mengadakan kunjungan Laboratorium, antara lain Laboratorium Proses Pengalengan, Laboratorium Kimia Analitik, Laboratorium Mikrobiologi dan Pangan, Laboratorium Pakan dan lainnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar