Pantai Wediombo Dan Gua Jomblang Raih Nomor Program Anugerah Pesona Indonesia

Bupati Gunungkidul saat menerima penghargaan API 2017. foto: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dua destinasi wisata di Gunungkidul raih urutan pertama dan ke-2 pada dua kategori Program Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 yang diselenggarakan oleh www.jalanjalan.com yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata.

Gua Jomblang menempati urutan ke 1 pada kategori Obyek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot) dan Pantai Wediombo menempati urutan ke 2 pada kategori Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot).

Bupati Gunungkidul, Badingah, S, Sos., mengaku bangga atas dua nomor penghargaan tersebut. Pihaknya mengaku dengan serius berupaya maksimal dalam mendukung dua destinasi tersebut untuk menempati urutan terbaik.

“Salah satunya dengan membuat Surat Edaran (SE) Nomor : 556/4361, tentang Dukungan Share Dan Vote Destinasi Wisata Gunungkidul Untuk Menjadi Destinasi Terbaik Indonesia kepada semua stakeholderdiantaranya; ASN, OPD, PemerintahKecamatan, PemerintahDesa, Sekolah, Pramuka, Asosiasi dan Komunitas pariwisata, dan lainnya untuk mengikuti vote dengan memilih destinasi wisata di Gunungkidul,” papar Bupati beberapa waktu lalu.

Selain itu, upaya sosialisasi dan ajakan langsung kepada sekolah-sekolah melalui Dimas Diajeng Gunungkidul dan ajakan langsung dalam berbagai kesempatan juga telah disampaikan.

Menurutnya, masuknya dua destinasi wisata Gunungkidul pada dua kategori dari 15 kategori yang ada mampu mendorong bangkitnya apresiasi masyarakat nasional terhadap pariwisata Gunungkidul.

Sebagaimana diketahui, profil kedua destinasi wisata yang masuk kategori program API 2017 ini memang memiliki daya tarik.

Pantai Wediombo saat ini berkembang menjadi salah satu tempat berkumpulnya para ‘pemburu ombak’ yang menawarkan hamparan pantai berpasir putih, gugusan karang yang masih alami, ombak yang bagus dengan tipe ombak cenderung stabil dan tidak berubah-ubah.

Pantai Wediombo merupakan satu-satunya pantai yang menghadap ke barat, berbentuk menyerupai teluk yang dikelilingi bukit karang cocok sebagai tempat berselancar sembari menikmati senja yang mempesona.

Sementara itu Gua Jomblang merupakan gua yang terletak di kawasan pegunungan karts yang ada di Gunungkidul. Keberadaannya merupakan salah satu gua dari sekitar 500 gua yang ada. Gua ini mempunyai mulut gua vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi. Paling dalam sekitar 80 m.

Dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique ( SRT ) untuk memasuki gua ini. Dengan memakai satu tali sebagai lintasan untuk jalan menaiki dan menuruni gua ini. Tentu saja jika memasuki gua harus dengan dampingan pemandu yang profesional dan bersertifikat.

Di dalam gua terdapat vegetasi tumbuhan masa lampau yang masih hidup sampai sekarang. Ada pula lorong sungai bawah tanah. Pada kurang lebih pukul 11.00 sampai dengan 13.00 WIB saat berada di dalam dapat melihat sinar matahari dari dasar gua yang sering disebut ‘cahaya surga’. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar