Pantai Sepanjang Menjadi Pantai Ramah Anak Pertama Di Gunungkidul

Koordinator Pokdarwis Pantai Sepanjang, Sutono. KH/ Kandar.

TANJUNGSARI, (KH),– Pantai Sepanjang yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari menjadi pantai ramah anak pertama di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ramah anak merupakan layanan yang digagas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Sepanjang.

Ditemui beberapa waktu lalu, Koordinator Pokdarwis Pantai Sepanjang, Sutono mengatakan, Pantai Ramah Anak merupakan layanan khusus bagi wisatawan yang memiliki anak-anak saat berwisata ke Pantai Sepanjang.

“Anak-anak akan mendapat pengawasan dari relawan atau petugas khusus,” katanya. Pengawasan anak dilakukan dalam rangka menjaga keselamatan anak sebagai bentuk antisipasi resiko terjadinya kecelakaan laut.

Petugas atau relawan yang mengawasi anak-anak diantaranya merupakan pelaku wisata, anggota Pokdarwis dan karangtaruna Desa Kemadang khususnya yang berada di sekitar Pantai Sepanjang.

Pantai ramah anak, menurut Sutono juga merupakan pengembangan adanya status Desa Kemadang yang lebih dulu dicanangkan sebagai desa ramah anak. Pengembangan tersebut menjadi bagian dari lingkup upaya pemberian atas hak-hak anak.

“Respon wisatawan cukup baik, mereka merasa lebih aman dan nyaman saat bermain di kawasan Pantai Sepanjang,” tutur Sutono.

Teknis kerja disebutkan, utamanya setiap hari libur akhir pekan, sekitar 25 relawan akan menyebar di kawasan Pantai Sepanjang yang memiliki luas sekitar 3 Ha itu. Posisi relawan yang bertugas akan menyesuaikan pada titik-titik dimana banyak anak berada.

“Kami juga merencanakan menyediakan permainan khusus bagi anak-anak di kawasan pantai,” sambung Sutono.

Terpisah, Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono sangat mendukung adanya inovasi Pokdarwis Pantai Sepanjang. Pihaknya setuju apabila inovasi tersebut juga muncul di destinasi-destinasi yang lain.

“Sangat dibutuhkan volunteer di bidang pariwisata,” tandasnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar