Pantai Ngrenehan Morat Marit, Puluhan Kapal Rusak Bahkan Hilang

oleh
Kondisi kawasan Pantai Ngrenehan morat marit akibat banjir di Kawasan Pesisir. foto: istimewa.

SAPTOSARI, KH,–Hujan deras yang mengguyur wilayah Yogyakarta tak hanya melanda dan menyebabkan musibah di Kabupaten Bantul saja. Musibah akibat hujan deras yang mengakibatkan banjir dan sejumlah bencana lain juga terjadi di Kabupaten Gunungkidul.

Salah satu dampak adanya hujan deras juga mengakibatkan kerusakan di kawasan pesisir selatan Gunungkidul. Berbagai fasilitas nelayan, kondisi bentang pantai dan fasilitas umum morat marit dibuatnya.

Kordinator SAR Wil 2 Marjono mengatakan, kerusakan terjadi pada tanggul di kawasan Pantai Baron Dan Kukup, Gunungkidul. areal pantai porak poranda serta beberapa kapal mengalami rusak.

“Airnya seperti air terjun. Luapan air ini lalu menyebabkan satu kapal dan talud di samping Tempat Pelelangan Ikan (TPI) rusak karena tergerus air,” kata Marjono, Senin 18/03/2019 siang.

Lebih lanjut Marjono menjelaskan, pihaknya masih terus mendata dampak dari hujan lebat tersebut.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa ataupun luka di Gunungkidul,” jelas Marjono

Sementara itu di Pantai Ngrenehan Kecamatan Saptosari, tanah dan pasir di lokasi Pantai sepanjang 70 meter dengan lebar 15 meter dan kedalaman 4 meter tergerus banjir deras hingga membuat areal pantai terbelah.

Akibatnya kapal yang sedang terparkir rusak bahkan hilang. Kapolsek Saptosari AKP. Wijayadi saat di konfirmasi mengatakan, hingga saat ini total kapal yang rusak mencapai 25 buah.

“Kapal yang hilang sampai saat ini belum ketemu ada 4, Untuk kios yang rusak kurang lebih 10 kios, dan Bangunan Posko SAR juga mengalami kerusakan,” kata Kapolsek.

Kerugian akibat banjir yang terjadi di Pantai Ngrenehan tersebut di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

Komentar

Komentar