Padukuhan Gading IX Akan Gelar Kirab Budaya Bersih Dusun

oleh

PLAYEN,(KH)— Masyarakat Dusun Gading IX Desa Gading Kecamatan Playen, pada Senin lusa (20/10) akan menggelar Kirab  Budaya keliling Dusun Gading IX dalam rangka Bersih Dusun. Pada pagi sebelum kirab, akan dilaksanakan kerjabakti, berih-bersih makam, sungai dan lingkungan atau pekarangan rumah.
Musidi Kepala Dusun Gading IX, kepada KH Sabtu (18/10), memberikan penjelasan, acara pada siang harinya dilanjutkan dengan Kirab Budaya yang dilepas dari depan Balai Pedukuhan. Dalam kirab tersebut akan diawali dengan pertunjukan seni Gejok Lesung di Balai Dusun.
“Acara Kirab kemudian akan dilepas dengan iringan drum band, reog sebanyak 2 group, jatilan satu group, toklik, dan juga diikuti siswa PAUD, TK, SD, SMP yang berasal dari Dusun Gading IX,” ujar Musidi.
Sementara itu, Ketua Bersih Dusun Gading IX Maryanto menyatakan, sebelum acara rasulan atau bersih dusun, masyarakat Gading IX juga menggelar pentas seni di Balai Dusun Gading IX. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka melestarikan seni budaya masyarakat.
“Untuk tahun ini Dusun Gading IX memang tidak menggelar Wayang Kulit, jadwalnya tahun depan menggelar Wayang Kulit dan Seni Ketoprak,” pungkasnya. (Sarwo/Jjw)

Komentar

Komentar