Ngemil Kacang Sebabkan Jerawat: Hanya Mitos Belaka!

oleh
Cemilan kacang sangat disukai masyarakat. Sering dianggap sebagai penyebab jerawat. Dok: KH

KH,– “Jangan makan kacang! Nanti mukamu bisa jerawatan lho!” Ada banyak orang yang mengatakan demikian. Namun, bernarkah kacang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya jerawat?

Menurut ilmu kesehatan, jerawat timbul karena adanya minyak berlebih pada wajah yang menutupi lubang pori-pori, penggunaan kosmetik berlebihan yang dapat menutupi pori-pori, konsumsi obat-obatan baik berupa krim atau yang diminum, penggunaan telepon genggam yang berlebihan, kondisi stres, dan lain sebagainya.

Memang tak dipungkiri ada kandungan lemak  di dalam kacang, namun kandungan ini sesungguhnya tidak sampai membuat penumpukan dan penyumbatan lemak pada pori pori kulit. Sebuah riset dari American Academy of Dermatology untuk urusan kecantikan kulit menyatakan, mitos kacang dapat menyebabkan jerawat itu tidak terbukti. Mereka berpendapat bahwa jerawat tidak disebabkan oleh cokelat, es krim, atau pun makanan seperti kacang.

Justru makanan manis yang banyak mengandung gula dan tinggi karbohidratlah yang sebenarnya menyebabkan jerawat. Konsumsi gula yang terlalu banyak akan meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah dan akan memicu produksi hormon androgen yang meningkatkan aktivitas kelenjar minyak, sehingga akan membuat produksi minyak meningkat dan terjadilah jerawat. Jadi sesungguhnya, konsumsi makanan yang harus dikurangi untuk mencegah timbulnya jerawat adalah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Beberapa kacang seperti kacang almond dan kacang mete malah mengandung asam oksalat yang baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat. Kacang kedelai juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kecantikan kulit. Omega 3 dari kacang kedelai telah terbukti dapat melawan inflamasi di tubuh dan mencegah kulit kering serta menjadikan kulit tampak muda.

Secara ilmiah terbukti, bahwa kalau kacang tidak menyebabkan jerawat? Bagi Anda yang gemar begadang sambil makan kacang dan esok harinya berjerawat, jangan salahkan kacangnya. Tapi salahkan diri Anda yang kurang tidur. Ingat, kurang tidur itulah yang justru bisa menimbulkan jerawat.

Anda yang gemar kerja keras, lembur atau begadang, tetap perhatikan pola makan. Jangan lupa, selalu jaga kebersihan wajah dan tubuh juga penting untuk menghindari diri dari jerawat. (KH1)

***

Sumber: American Academy of Dermatology Journal.

Komentar

Komentar