Musim Ikan, Tangkapan Tongkol Dan Kakap Nelayan Ngrenehan Naik

oleh
Petugas TPI Pantai Ngrenehan sedang menimbang ikan hasil tangkapan nelayan. KH/ Kandar.

SAPTOSARI, (KH),– Jumlah tangkapan ikan nelayan di Pantai Gunungkidul naik. Sepertihalnya di Pantai Ngrenehan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, tangkapan jumlah ikan jenis Tongkol dan Kakap mengalami kenaikan.

Petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Ngrenehan, Sukidi mengungkapkan, tangkapan membaik sejak akhir bulan Oktober lalu. “Tangkapan ikan hasilnya membaik sekitar sepuluh hari terakhir, sebelumnya tangkapan sangat minim,” kata Sukidi, Sabtu, (2/11/2019).

Disebutkan, sejak sepuluh hari terakhir, satu kapal yang melaut bisa membawa ikan menepi antara 30-50 kilogram. Membaiknya hasil tangkapan, hampir dari 60 kapal nelayan yang ada di pantai tersebut beroperasi setiap malam.

Lebih jauh disampaikan, harga ikan di TPI untuk jenis Tongkol dijual dengan harga kisaran Rp. 10-15 ribu per kilogram. Sedangkan untuk jenis Kakap, setiap 1 ikan ukuran paling kecil dengan bobot antara 3-5 kilogram dijual seharga Rp. 30 ribu, kemudian untuk ukuran 15 kg ke atas harganya mencapai Rp. 170 ribu tiap ikan.

Sukidi menambahkan, pemilik kapal atau nelayan mengirim beberapa jenis ikan tertentu ke Surabaya atau Cilacap sebagai komoditas ekspor.

Sementara itu, salah satu nelayan, Sugeng mengutarakan, ikan tongkol diperoleh di kawasan laut pada kisaran jarak 3-4 mill ke arah selatan dari pantai. Sementara untuk ikan jenis lain biasanya lebih banyak diperoleh ke arah barat daya.

“Musim ikan Tongkol dan Kakap akan bertahan hingga Bulan Desember. Kemudian Januari-Maret biasanya muncul ikan Bawal dan Layur,” tukas Sugeng. (Kandar)

Komentar

Komentar