Momentum HUT TNI Ke 73, Disabilitas Peroleh Pengobatan Dan Alat Bantu

oleh
Kodim 0730/ Gunungkidul bersama Dinkes DIY menggelar Baksos Jamkesus Terpadu 2018. foto: Kodim 0730.

WONOSARI, (KH),– Komando Distrik Militer (Kodim) 0730/ Gunungkidul bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY menggelar Baksos Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus) bagi penyandang disabilitas di Gunungkidul, Kamis, (23/8/2018).

Komandan Kodim (Dandim) 0730/ Gunungkidul, Letkol Inf. Muh. Taufik Hanif Y. S.Sos., mengatakan, baksos yang terselenggara berkat kerjasama dengan Dinkes DIY tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT TNI Ke 73.

“Selain bekerjasama dengan Dinkes Baksos Jamkesus bagi disabilitas juga melibatkan banyak elemen masyarakat dan stakeholder. Dengan begitu diharapkan pelayanan kesehatan dapat menyentuh masyarakat lapisan bawah termasuk saudara penyandang disabilitas,” ujarnya.

Selain diselenggarakan di aula Kodim, direncanakan akan dibuka pelayanan Jamkesus di 5 kecamatan di Gunungkidul, diantaranya; Wonosari, Karangmojo, Semanu, Playen, Paliyan.

Ditambahkan, kegiatan tersebut diberikan sebagai bentuk pelayanan hak-hak penyandang disabilitas dalam hal kemudahan mengakses layanan kesehatan. Berawal dari pemeriksaan, juga akan diberikan alat bantu sesuai kebutuhan, baik Kursi roda, kruc, dan lain-lain.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa dirasakan oleh masyarakat. Ini wujud TNI manungal dengan rakyat,” sambung Muh. Taufik Hanif.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bapel Jamkesos DIY, dra Siti Badriyah Aptn Kes., mengungkapkan, terkait penyelenggaraan Jamkesus Disabilitas diperlukan banyak pihak yang harus terlibat. Kerjasama dengan TNI merupakan kerjasama pertama kali yang diharapkan dapat berjalan berkesinambungan.

“Kami dibantu para dokter dan tenaga medis berusaha memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada bapak/ ibu dan anak-anak disabilitas yang memerlukan pelayanan kusus,” jelas Siti.

Berdasar target pelaksanaan baksos ratusan disabilitas dari berbagai wilayah di Gunungkidul dapat terlayani pada kegiatan Baksos Jamkesus Terpadu 2018 tersebut. (Kandar)

Komentar

Komentar