MIN 4 Gunungkidul Maju Lomba Sekolah Sehat Tingkat Propinsi

oleh
Tim juri Lomba Sekolah Sehat tiba di MIN 4 Gunungkidul. (ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Usai menjuarai di tingkat kabupaten, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Gunungkidul maju ke tingkat Proponsi dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS). Lembaga pendidikan di Dusun Semenrejo, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul ini menjadi satu dari 4 sekolah yang mendapat penilaian dari tim juri LSS DIY.

Tampil di pintu masuk, Bregada Suronatan asal Padukuhan Ngaliyan, Desa Pulutan melakukan penyambutan tim juri. Barisan Drumband siswa MIN 4 Gunungkidul serta kegiatan siswa hafalan Asma’ul Husna juga turut mewarnai pembuka kegiatan penilaian pada Rabu, (21/8/2019) pagi.

Kepala MIN 4 Gunungkidul, Ria Ali Wardana, dalam presentasinya menjelaskan berbagai prestasi yang telah diraih madrasahnya. MIN 4 Gunungkidul, sebelumnya bernama MIN Wonosari, pernah meraih Adiwiyata Nasional pada 2017.

“Madrasahnya kini maju Adiwiyata Mandiri, dimana syaratnya minimal memiliki tiga binaan yang lolos adiwiyata tingkat kabupaten,” paparnya.

Selain memiliki green house, MIN 4 Gunungkidul juga melatih siswanya agar mampu mengolah aloe vera atau lidah buaya menjadi olahan yang dapat dikonsumsi.

“Dawet yang kami sajikan ini bahannya berasal dari olahan tanaman lidah buaya,” ungkap Ali yang pernah menjadi kepala terdisiplin tingkat kabupaten tahun 2019.

Ditambahkan, kondisi kebersihan terjaga di MIN 4 Gunungkidul. Pihaknya berkomitmen, anak-anak sekembalinya ke masyarakat sudah memiliki prinsip-prinsip yang kami ajarkan, diantaranya memiliki Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS).

Mewakili tim penilai, Lutfiah, memberikan apresiasi terhadap kebersihan di lingkungan madrasah.

“Ruangan di madrasah sudah cukup bersih, begitupula penataan ruang UKS sudah sesuai kriteria,” puji dia.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Gunungkidul, Irfan Ratnadi, S.Sos., MAP menyampaikan, setiap tahun Disdikpora wajib menyelenggarakan kompetisi sekolah sehat.

Irfan menjelaskan, dalam kompetisi tersebut, masing-masing sekolah berhak dan dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi sekolah sehat.

Disebutkan, ada empat sekolah di Gunungkidul yang mengikuti LSS tingkat Propinsi. “Diantaranya TK Negeri Semin, MIN 4 Gunungkidul, SMP Negeri 1 Wonosari dan SMA Karangmojo,” jelas Irfan. (Kandar)

Komentar

Komentar