Miliki Banyak Benda Bersejarah, Gunungkidul Wacanakan Bangun Museum

oleh
Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Kamtono. KH/ Wibowo.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Di Kabupaten Gunungkidul banyak ditemukan benda bersejarah. Selama ini banyak temuan benda bersejarah di Gunungkidul kemudian dititipkan di Museum Wonogiri maupun di Yogyakarta.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Kebudayaan merencanakan segera membangun museum. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Kamtono, museum dinilai penting sebagai tempat merawat benda-benda bersejarah yang banyak ditemukan.

“Harapan kami benda-benda bersejarah nanti bisa ditarik kembali ke Gunungkidul. Sehingga kita tidak kehilangan sejarah,” harap Agus Kamtono, Kamis. (19/4/2018).

Sambung Agus, pembangunan museum berada tidak jauh dari Taman Budaya yang akan didirkan di kawasan ring road Kecamatan Playen. Alasannya, jika museum berada di tempat lain beresiko tidak terawat atau mangkrak.

Sebagai langkah awal pihaknya sudah mengajukan pembebasan tanah. Dia berharap tahun ini pembebasan tanah dapat terealisasi. Pembebasan tanah nanti akan dianggarkan dari dana keistimewaan.

“Tanah untuk museum tidak begitu luas, paling antara 1.000 hingga 2,000 meter persegi,” imbuh Agus Kamtono.

Selain sebagai tempat menyimpan benda bersejarah, museum dapat menjadi penunjang pariwisata di Gunungkidul. Sebab keberadaannya dapat menjadi destinasi baru yang menarik untuk dikunjungi. (Wibowo)

Komentar

Komentar