MILIE MILK milk & coffee bar

Kabarhandayani.com – Kondisi sosial ekonomi masyarakat Gunungkidul semakin tumbuh pesat. Masyarakat warga Gunungkidul pun semakin mengerti dan terus mengikuti perkembangan jaman. Karena itu pemenuhan kebutuhan barang dan jasa yang cukup secara kuantitas dan kualitasnya perlu mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Terlebih dukungan para pengusaha sebagai pelaku utama yang menggerakan roda perekonomian riil suatu wilayah guna mencapai masyarakat yang maju, sehat dan cerdas.

 Kondisi masyarakat Gunungkidul kini memang sudah sangat berbeda dengan masyarakat Gunungkidul di masa lampau. Masa dulu yang terkenal adalah kemiskinan, ketandusan, serta yang lebih menyakitkan adalah tertinggal aspek intelektualitasnya. Masyarakat Gunungkidul kini sudah dapat dikatakan jauh lebih baik. Perkembangan generasi baru masyarakat sudah semakin sadar akan kelemahan-kelemahannya dan berani membangun diri menuju masyarakat yang lebih baik.

Demikian pula dalam hal konsumsi pangan, masyarakat Gunungkidul saat ini sudah semakin sadar akan kebutuhan konsumsi pangan yang sehat dan bermanfaat untuk jiwa dan raganya. Hal ini dapat diamati dari kecenderungan bahwa masyarakat Gunungkidul semakin meningkat preferensi dan pilihannya pada jajanan-jajanan yang sehat dan memiliki nilai gizi tinggi, baik yang dijual di pasar-pasar tradisional, warung-warung, toko, minimarket, outlet/gerai khusus ataupun dalam bentuk café.

Beberapa tahun lalu café yang dianggap memenuhi standar kebersihan, kesehatan dan kualitas menu dan cara penyajian baru bisa ditemui di Kota Jogjakarta. Namun, pada saat ini sudah semakin bermunculan gerai, outlet khusus atau cafe di Kota Wonosari. Salah satunya adalah “MILIE’MILK milk & coffee bar” yang terletak di Jl Mgr Sugiyopranoto Wonosari. Lokasi persisnya ada di seberang Mapolres Gunungkidul. Cafe spesialis penyedia menu berbasis susu segar ini sebelum berlokasi“MILIE’MILK Café Susu Keluarga” di Jalan Sumarwi. milk-and-coffee-1

Adalah Yustinus Joko (41) yang melihat peluang bisnis ini sehingga ia dan keluarganya memberanikan diri membuka usaha cafe ini.“MILIE’MILK milk & coffee bar” sudah mulai buka kurang lebih satu setengah tahun yang lalu.  Joko menuturkan mengapa ia membuka cafe dengan menu yang unik ini adalah karena didorong oleh fakta dan pemberitaan media massa bahwa kesadaran akan konsumsi susu di Gunungkidul masih menempati urutan paling bawah. Padahal konsumsi susu sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan. Karena itu, Milie’Milk melihat peluang yang sangat luar biasa itu. Apalagi, pada saat itu belum ada yang memberanikan diri mencoba menjual produk susu segar agar menarik bagi keluarga dan anggota-anggotanya. “Layaknya iklan mobil yang memuat seluruh keluarga itu lho mbak, susu segar itu sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ayah, ibu, dan anak-anak ,serta kakek-nenek“, ujar Joko sambil berkelakar.

Dengan dibukanya Milie’Milk yang menyajikan menu utama berbasis susu sapi murni berpasteuriusasi dan menu sehat lainnya, keluarga-keluarga di Gunungkidul mulai terpenuhi akan konsumsi yang sehat dan berkualitas. Sudah banyak keluarga di Wonosari dan sekitarnya yang telah mendatangi dan menjadi konsumen tetap kedai Milie’Milk yang kami sajikan menyerupai café di kota-kota besar baik di dalam negeri maupun di luar negeri seperti yang kita lihat di film-film itu.“, lanjut Joko.

Lebih lanjut Joko menuturkan, “Setelah masa kontrak kios di Jl Sumarwi selesai di bulan Mei 2013 lalu, dan berdasarkan hasil survei pendapat kami terhadap para pelanggan dan konsumen, maka Milie’Milk pindah ke lokasi yang lebih nyaman untuk para pelanggan dan konsumen dengan konsep mini bar outdoor. Puji Tuhan, dengan konsep baru tersebut, sambutan para pelanggan terutama para remaja dan anak muda sangat luar biasa. Pada hari-hari libur seperti Sabtu, Minggu dan liburan sekolah/kampus, kedai kami selalu ramai. Apalagi kami menyediakan berbagai fasilitas yang sangat digemari remaja saat ini, seperti Free WiFi, Full Music & Movie, televisi dengan tayangan sesuai selera pelanggan dan konsumen. Selain itu kami juga sediakan aneka permainan dan game edukatif, seperti:othelo, catur, dakon/congklak, dll.  Dengan sepertiini, Milie’Milk tumbuh semakin baik dan tambah diminati para pelanggan dan konsumen.” milk-and-coffee-2

Milie’Milk rupanya mempunyai strategi dan jurus yang jitu dalam pemasarannya. “Kami menggunakan system marketing baik lewat media sosial  seperti: FB, BBM, Brosur, dan lain-lain maupun MLM atau Marketing Lewat Mulut.“, ujar Joko.

Dilihat dari menu-menu yang ditawarkan, terlihat bahwa sebagian besar memang belum tersedia di kedai tenda maupun resto di Gunungkidul. Beberapa menu andalan Milie’Milk adalah:

Drink

    • Milk Bubble (Fresh Milk + Casava Bubble), dengan aneka rasa, namun yang paling banyak diminati adalah rasa OREO, Taro, Green Tea, Choco, Strawberry & Moka

  • Yogurt aneka rasa, paling top versi Konsumen adalah Yogurt Orange & Yogurt Mango

  • Smooch Durian, dengan buah asli Durian yang didatangkan dari Medan

  • Hot Chocolate, menu paling digemari pasangan di malam Minggu

  • Kopi Plunger, dengan bahan biji kopi kualitas ekspor melalui proses penggilingan sendiri. Kopi Plunger disajikan selain dengan tujuan untuk memanjakan Pelanggan, juga untuk mengedukasi cara menikmati kopi yang sesungguhnya

Snack

    • Pancake Durian, adalah menu dengan bahan durian asli Medan dengan harga yang sangat terjangkau. Bisa dinikmati di tempat bahkan bisa dipesan dengan jumlah banyak untuk oleh-oleh. Pancake Durian ini produksi sendiri oleh Milie Milk

  • Tart Susu, adalah salah satu snack baru di Gunungkidul. Jika berwisata ke Pulau Bali, hampir mirip dengan Pie Susu. Tart susu juga bisa dipesan untuk acara tertentu dan oleh-oleh atau pun hantaran.

  • Pancake Ice Cream, adalah menu yang sangat digemari pasangan muda mudi

  • Roti Bakar, menu roti bakar Milie Milk berbeda dengan roti bakar yang dijual di tempat lain, karena roti bakar berbahan roti yang sudah terkenal akan kualitasnya. Milie Milk hanya membakar roti bermerk “Sari Roti”.

  • Kentang Goreng yang kami sajikan merupakan kentang yang sudah diolah secara modern

  • Sweet Corn, sajian jagung manis dengan keju dan susu, sangat digemari pelanggan dari anak-anak sampai orang dewasa

Tentang harga, ternyata price list yang tertera di Milie Milk Cafe pun tidak berlebihan … tersedia HARGA MULAI Rp 5.000,-

Langkah gerak Yustinus Joko yang memulai wirausaha di tanah kelahirannya ini termasuk langkah berani. Bermodal kejelian menangkap segmen pasar yang belum dilirik pengusaha lainnya dan bermodalkan pengalamannya sebagai pelayan pelanggan di tempat kerjanya terdahulu, ia berani membuka cafe yang spesialis ini. Yustinus Joko dan keluarganya sebelumnya tinggal di Bogor Jawa Barat. Ia dan istrinya sebelumnya berkarier di sebuah bank swasta nasional di Jakarta. Saat ditanyakan apakah yang mendorong mereka meninggalkan zona nyaman sebagai karyawan yang sudah mapan dan menjadi pelaku wirausaha, maka Veni (40), istri Joko menimpali, “Ya, ingin menambah khazanah dalam hidup mbak.” Lebih lanjut ia menjelaskan, “Kalau kerja, enaknya penghasilan tetap. Tinggal tunggu perintah atasan, semua sistem sudah tersedia dan berjalan, tetapi kreativitas juga terbatas. Kalau usaha sendiri, semua diatur sendiri, dibutuhkan kreativitas tinggi dan berkelanjutan. Selain itu juga membentuk sikap untuk tidak mengandalkan orang lain, tetapi terus bisa mengembangkan diri sesuai kemampuan. Termasuk menu yang kami hidangkan itu kamiciptakan sendiri.”

Nama cafe ini memang unik, Milie’Milk milk & coffee corner. Ternyata ada sejarahnya. “Apa ya? Waktu itu kami cari-cari nama, karena konsepnya kafe keluarga tadinya mau Family Milk. Tapi kok terlalu umum, malah kayak merek sepeda. Akhirnya, jadilah Millie’Milk, bisa jadi kependekan dari family, bisa juga diartikan secara Jawa, biar jadi berkah yang selalu mili bagi kami juga bagi pembeli, ujar Veni sembari tersenyum. milk-and-coffee-3

Pada saat ini Milie’Milk Cafe mempekerjakan 4 orang karyawan. Selain membuka gerai di Wonosari, saat ini juga sedang mengembangkan gerai di daerah Karangmojo, tepatnya di sebelah timur SPBU Ngipak Jl Raya Wonosari – Karangmojo.

Milie Milk juga melayani pesan hantar. Untuk Anda yang ingin mencoba atau ingin mengenal lebih mendalam dapat menghubungi nomor pelanggan Milie Milk berikut:

Telepon: 087873778217. BB pin: 285222B3.

_________________________________

Artikel ADBISNIS ini merupakan media pengenalan produk dan menjadi sarana promosi bisnis dan kewirausahaan. Bagi Anda yang menghendaki pemuatan di artikel ADBISNISini, silakan menghubungi Marketing/Iklan: Andriyani Widyaningtyas, Tel 087774705010, 081232003610. BB 29D449F7.

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar