MI YAPPI Mulusan Melaksanakan Wisuda Siswa Tahfidz Al-Qur’an Juz 30

oleh
Usai menerima sertifiat para siswa yang telah diwisuda berfoto bersama Kepala Madrasah dan Pengawas dari Kemenag Gunungkidul, Wagiran, S,Ag. (KH/Kandar)

PALIYAN, (KH),— Akhir Tahun Pelajaran 2017/2018, MI YAPPI Mulusan di Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul melaksanakan wisuda Tahfidz Al-Qur’an Juz 30. Pelaksanaan wisuda, Senin, (7/5/2018) malam dibarengkan dengan kegiatan pelepasan siswa kelas VI.

Kepala MI YAPPI Mulusan, Zubaidi, S.Pd.I mengatakan, selain menggelar pelepasan 20 siswa kelas VI, tahun ini MI YAPPI Mulusan juga melakukan wisuda 23 siswa Tahfidz juz 30. Pada pelaksanaan wisuda, 23 siswa penghafal Al-Qur’an menerima sertifikat.

“Kegiatan hafalan telah dimulai satu tahun yang lalu. Seleksi dari ratusan murid menghasilkan 40 siswa telah memiliki kecakapan hafalan. Dari 40 siswa tersebut tahun ini 23 siswa dinyatakan lulus Tahfidz Juz 30,” papar Zubaidi disela kegiatan wisuda.

Disebutkan, 23 siswa yang lulus Tahfidz berasal dari berbagai tingkatan kelas. Mulai dari kelas II hingga kelas VI. Selanjutnya, selain yang telah menuntaskan pendidikan atau lulus di tahun pelajaran 2017/2018 akan didorong memulai hafalan dari Juz 1.

Zubaidi menambahkan, hafalan Al-Qur’an bagi siswa rutin dilaksanakan setiap pagi. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, siswa akan dikelompokkan sesuai jenjang hafalan lalu dipandu guru pembimbing.

“Mulai pukul 07.00 WIB kegiatan hafalan dilaksanakan. Kurang lebih durasinya mencapai 1 jam,” terang Zubaidi lagi. Pihaknya mengaku akan terus berusaha bersama seluruh dewa guru menjaga konsistensi penyelenggaraan kegiatan ekstra tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite MI YAPPI Mulusan, Suryanto menyambut baik inisiatif para guru. Kegiatan tersebut merupakan nilai tambah yang sangat positif di luar pemberian materi pembelajaran siswa madrasah di tingkat dasar.

“Bagi yang berhasil menghafal Juz 30 lalu dilanjutkan menghafal Juz 1 dan seterusnya,” harap Suryanto. Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut akan semakin menambah antusiasme atau minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke MI YAPPI Mulusan. (Kandar)

Komentar

Komentar