Meningkatnya Kepedulian PKK Menurunkan Risiko Bunuh Diri

oleh
Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten Gunungkidul periode 2019-20123 dilantik. KH
Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten Gunungkidul periode 2019-20123 dilantik. KH

WONOSARI, (KH),– Bupati Gunungkidul, Badingah, S. Sos berpesan kepada pegurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gunungkidul agar meningkatkan kepedulian.

Kepedulian yang dimaksud Badingah mengarah terhadap adanya fenomena bunuh diri yang memiliki angka cukup tinggi di Gunungkidul.

Pesan tersebut disampaikan saat melantik pengurus Tim Penggerak PKK Periode 2018-2023 di Bangsal Sewaka Praja, Selasa, (15/1/2019). Menurutnya, meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar dapat menjadi salah satu kiat yang menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan risiko fenomena bunuh diri.

“Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama bagaimana melakukan upaya pencegahan. Dengan saling membantu dan memotivasi. Hidup harus optimis dan tetap semangat,” kata dia.

Diharapkan pula kader-kader PKK dapat mensosialisasikan pentingnya ketahanan keluarga sebagaimana dengan program PKK. Kader PKK yang dapat menjangkau hingga tingkat RT dapat menjadi garda terdepan membangun ketahanan keluarga.

Disamping persoalan tersebut, perkembangan anak-anak di tengah perkembangan teknologi dan informasi juga perlu diperhatikan. Kemajuan IT sangat mempermudah anak-anak terkontaminasi konten-konten yang berbau asusila.

Lebih lanjut, disampaikan, Badingah meminta agar PKK menyampaikan pengetahuan kepada orang tua untuk menanamkan moral dan etika pada anak sejak usia dini. Orang tua juga diminta agar tidak ketinggalan perkembangan teknologi.

“Serta gunakanlah teknologi informasi secara bijak,” pinta Badingah.

Adapun pengurus Tim Penggerak PKK yang dilantik diketuai oleh Zultiyanti Immawan, M.A. Pengurus dilengkapi unsur yang duduk sebagai sekretaris, bendahara dan sejumlah Pokja. (Kandar)

Komentar

Komentar