Matsmuri Wisuda Tahfidzul Qur’an Juz 30 dan Purna Siswa Kelas 9

Wisuda Mts Muhammadiyah Wonosari. KH

WONOSARI, (KH),– Sabtu, 20 Mei 2017 merupakan hari bersejarah bagi MTs Muhammadiyah Wonosari (Matsmuri). Dihadiri oleh PLT Kankemenag Kabupaten Gunungkidul, Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Gunungkidul, serta Komite Madrasah,  Matsmuri mewisuda 22 siswa Tahfidz Al Quran Juz 30 dan 47 siswa Tahsin Al Quran. Acara wisuda ini digelar di halaman MTs Muhammadiyah Wonosari.

Kepala madrasah, Triyono, S.Pd.I, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dan mendukung program ini. Pada kesempatan yang sama Matsmuri, sebagaimana disampaikan Triyono juga telah mengembalikan para siswa kelas IX kepada masing-masing wali setelah tiga tahun ditempa di MTs Muhammadiyah Wonosari.

Salah satu wali, Purwo Widodo selaku wakil wali dari kelas IX sekaligus wali dari wisudawan terbaik, Nandiar Azril (IX C) mengaku bersyukur, Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh guru dan karyawan MTS Muhammadiyah Wonosari yang telah bersedia menerima amanah dan mengembalikannya dengan kondisi lebih baik.

Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Gunungkidul yang diwakili oleh Drs. Warsito, memberikan apresiasi kepada MTs Muhammadiyah Wonosari, upaya yang dilakukan sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah yang tidak kehilangan ruhnya untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita Muhammadiyah.

“Anak-anakku semua, jika kalian akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, carilah sekolah yang mengajarkan Al Quran, karena sekarang ini godaan kian merajalela. Kalau sampai Al Quran kita tinggalkan, tidak kita pelajari atau paling tidak kita baca, ini bahaya akhir zaman.” Ungkap Warsito dalam sambutan.

Prosesi wisuda Tahfidz Al Quran Juz 30 dilakukan oleh PLT Kankemenag Kabupaten Gunungkidul, H. Mukhotip, S.Ag., M.Pd.I dan Triyono, S.Pd.. Sedangkan prosesi wisuda Tahsin Alquran dilakukan oleh Drs. Warsito dan Waka Humas madrasah, Wahyudiyono, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, H. Mukhotip mengucapkan selamat kepada seluruh keluarga besar MTs Muhammadiyah Wonosari yang telah berhasil mewisuda tahfidz quran juz 30 dan tahsin quran. Dirinya berharap anak-anak yang telah diwisuda berguna bagi masyarakat dan bangsa.

“Gunung Merapi menjulang tinggi, Gunungkidul Handayani, hari ini mari bersama-sama bersaksi bahwa MTs Muhammadiyah Wonosari memang penuh teruji. Untuk siswa-siswi kelas 9 yang akan lulus nanti teruskanlah perjuangan hidup kalian dan lanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.” Paparnya seraya berpantun.

Untuk diketahui Religius dan Cendekia adalah visi MTs Muhammadiyah Wonosari yang coba direalisasikan dalam berbagai macam cara. Salah satunya dengan memastikan para siswa-siswinya bisa membaca Al Quran, pedoman hidup umat Islam. Cara lain yang dilakukan dengan mendorong dan memfasilitasi para siswa untuk menghafal Al Quran paling tidak Juz 30. Dua hal ini adalah bagian penting visi religius dan cendekia bisa tercapai. Para siswa sebagai generasi penerus tentu harus punya bekal yang seimbang antara ilmu dunia dan juga ilmu akhirat di tengah zaman globalisasi.

Dalam kesempatan yang sama digelar pula tausyiah oleh Drs. H. Zamari. Dirinya menegaskan bahwa Al Quran adalah salah satu penolong umat di akhirat. Dalam hidup yang hanya sekali, umat tidak boleh menyesal di akhirat, apalagi tergelincir ke neraka. Untuk itu, ajak dia, pada seluruh wali siswa, para orangtua, untuk berusaha menjauhkan diri, anak-anak, dan keluarga dari api neraka.

Disela agenda ditampilkan beberapa kreasi para siswa seperti drama yang mengisahkan khalifah Umar bin Khattab berikut lagu islami. Tak ketinggalan, Matsmuri juga memberikan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Setelah acara wisuda ini berakhir, pada siang harinya digelar pentas seni perpisahan kelas IX dan ramah-tamah alumni. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar