Manfaatkan Waktu Senggang Bertani, Kakak Adik Kompak Jadi Teletubbies

oleh
Purnomo dan Sapto Pranowo sedang melayani wisatawan berfoto bersama. KH
Purnomo dan Sapto Pranowo sedang melayani wisatawan berfoto bersama. KH

PALIYAN, (KH),– Jeli melihat peluang, demikian kiranya ungkapan yang pas bagi kakak beradik, Purnomo (29) dan Sapto Pranowo (23). Keduannya kompak memakai kostum Teletubbies melayani foto bersama di kawasan Gunung Bagus, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul.

Sebagaimana diketahui, Gunung Bagus viral karena keunikannya. Gugusan bukit karst yang hijau dipenuhi tanaman jagung bak bukit Teletubbies, sebuah acara televisi bagi anak. Gunung Bagus ramai dikunjungi wisatawan.

Saat dihubungi, warga Desa Giring, Kecamatan Paliyan ini mengutarakan, memakai kostum Teletubbies lalu melayani foto bersama di Gunung Bagus merupakan ide yang muncul menyusul viralnya bukit yang berada di sebelah timur Kecamatan Paliyan ini.

Mereka mengaku tak mudah memperoleh kostum karakter Po yang dipakai Purnomo dan Tinky Winky yang dipakai Sapto Pranowo. “Kami peroleh di Bandung seharga Rp. 3,3 juta. Sebelumnya mencari di Jogja, Surabaya dan Madura tidak menemukan,” ujar Purnomo, belum lama ini.

Purnomo mengaku, usaha sampingan selain rutinitas bertani itu memberikan tambahan pendapatan. Untuk tiga kali foto dengannya ia menarik biaya Rp. 5 ribu.

Berangkat dari rumahnya mereka datang ke Gunung Bagus sekitar pukul 15.00 WIB. Jika cuaca mendukung hingga sore hari mereka mendapat pendapatan antara Rp. 40 hingga 60 ribu. Saat akhir pekan, Pernah pula dalam dua hari mereka mengumpulkan penghasilan hingga Rp. 250 ribu.

“ Ya buat beli beras,” jawab lugas lulusan SMK YAPPI ini.

Jika nanti panen jagung tiba, spot foto Gunung Bagus kurang menarik sehingga sepi, Purnomo mengaku akan pindah ke tempat wisata yang ramai. Ada pula rencana kostum tersebut hendak disewakan. (Kandar)

Komentar

Komentar