Manfaat Memelihara Tanaman Untuk Kesehatan

Tanaman di sekitar rumah. KH/ Gemma.

WONOSARI, (KH),– Memelihara tanaman di sekeliling rumah selain untuk keperluan estetika, juga bermanfaat untuk kesehatan. Melihat tanaman yang segar dapat memberikan efek rileks dan tenang. Telah banyak penelitian dilakukan untuk melihat manfaat tanaman untuk kebutuhan manusia, dan hasilnya tidak ditemukan dampak negatif dari adanya memelihara tanaman.

Tanaman sebagai penjernih udara. Seperti spons, tanaman secara alami menghilangkan senyawa beracun dari udara. Tanaman dapat menjebak racun di jaringan mereka sendiri atau menghancurkannya dan melepaskannya sebagai produk yang tidak berbahaya.

Polusi udara dalam ruangan dapat meningkatkan risiko terkena: stroke sebesar 34 persen; penyakit jantung iskemik sebesar 26 persen; Penyakit paru obstruktif kronik sebesar 22 persen;  infeksi pernafasan pada anak-anak sebesar 12 persen kanker paru-paru sebesar 6 persen.

Tanaman adalah pembersih udara pertama alamiah. Mereka dapat membantu menghilangkan senyawa berbahaya dari bahan bakar, perabotan, dan pakaian.

Iklim mikro di sekitar tanaman meningkatkan kelembaban udara, namun tidak berlebihan. Hal tersebut bisa disebabkan dari air dari tanaman. Udara kering dan debu yang bisa mengganggu panca indra dapat dinetralisir dengan tanaman.

Adanya tanaman dapat menyaring mikroba udara yang bisa menginfeksi atau mengganggu saluran pernapasan. Sebuah studi di universitas Washington menemukan bahwa 20 persen debu berkurang dengan tanaman. Tanaman yang digunakan dalam penelitian ini adalah tanaman rumah dan dedaunan biasa, atau tanaman tropis.

Tanaman juga dapat meningkatkan mood. Tanaman dapat berfungsi menurunkan rasa cemas, depresi, dan stres. Selain itu menikmati tanaman dapat memberikan rasa sejahtera, energi positif, optimisme, dan rasa stabilitas.

Tanaman juga bisa mengajarkan satu atau dua hal tentang rasa empati. Menurut Universitas Pertanian dan Kedokteran Texas, orang-orang yang meluangkan waktu untuk merawat tanaman lebih cenderung untuk merawat orang lain.

Sebagaimana disarikan dari buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression yang dilansir di laman healthline.com, Merawat tanaman dapat membantu meningkatkan welas asih dan memperbaiki hubungan. Kemudian menyentuh tanaman lembut dan halus juga bisa membuat merasa lebih tenang. (Gemma)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar