Lomba Menggambar #SAVE TELAGA akan Digelar di Kalisuci

oleh
save-telaga
Lomba Menggambar dan Mewarnai Gambar #SAVE TELAGA . Dok: KH/PPA Gunungkidul.

WONOSARI, (KH) — Perkumpulan Pecinta Alam (PPA) Gunungkidul akan menggelar Lomba Menggambar dan Mewarnai Gambar bagi anak usia TK dan SD) dengan tema #SAVE TELAGA pada Sabtu – Minggu (13-14/6/2015) di Pendopo Kalisuci Cave Tubing Semanu. Kepada KH, Edi Dwiatmaja, salah satu panitia kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan perlombaan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan kecintaan dan kepedulian lingkungan hidup sejak usia anak-anak.

“Untuk anak-anak usia SD berupa lomba menggambar, sedangkan untuk anak-anak usia TK berupa lomba mewarnai gambar. Perlombaan tersebut akan dilaksanakan pada pukul 15.00-17.00 WIB di Pendopo Kalisuci Cave Tubing Semanu. Hari Sabtu (13/6/2015) untuk lomba menggambar, sedangkan hari Minggu (14/6/2015) untuk lomba mewarnai gambar,” ujar Edi.

Panitia sengaja menyelenggarakan perlombaan ini di alam terbuka dalam hal ini di Kawasan Wisata Kalisuci, karena panitia bermaksud untuk mendekatkan para peserta dengan lingkungan. Peserta akan dapat melihat, terlibat, dan merasakan interaksi dalam lingkungan, baik air, tanah, goa, telaga, bebatuan, tetumbuhan, permukiman, dan makhluk yang ada di sekitarnya.

“Wisata Susur Goa Kalisuci merupakan salah satu kawasan wisata yang dikelola dengan memperhatikan konservasi lingkungan. Selain itu di sekitar wilayah ini juga terdapat beberapa telaga yang kini semakin terlupakan nilai kemanfaatannya oleh masyarakat. Karena itu, kami sengaja mengajak adik-adik peserta untuk dapat melakukan pengamatan lapangan, melihat apa dan bagaimana telaga, sungai, pepohonan, dan masyarakatnya. Kemudian menuangkannya dalam wujud gambar dan mewarnai gambar,” imbuh Edi.

Edi menambahkan, ketentuan dalam lomba menggambar tersebut bebas. Yang penting peserta mampu menuangkan pengamatan dan imajinasinya dalam gambar tentang bagaimana menyelamatkan telaga. Sementara untuk lomba mewarnai gambar, panitia telah bekerja sama dengan psikolog dari Yogyakarta dalam pemilihan materi yang akan diwarnai yang mendorong kecintaan anak terhadap lingkungan.

Lomba menggambar dan mewarnai gambar ini merupakan salah satu kegiatan PPA Gunungkidul dalam usahanya untuk terus menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan hidup. Dalam melaksanakan kegiatan ini PPA Gunungkidul didukung oleh beberapa pihak, antara lain: Pokdarwis Kalisuci Semanu, Institut Teknologi Yogyakarta, Perhimpunan Pecinta Alam SMA 1 Wonosari, dan Katamata Adventure. Pembaca yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini atau akan mengikutkan anak dalam perlombaan ini dapat menghubungi Panitia Kegiatan (Muslam Minarto dan Edi Dwiatmaja di nomor 087838867966).

“Tidak muluk-muluk target kami. Dari kegiatan sederhana ini, kami mengajak adik-adik usia TK dan SD untuk peduli tentang keberadaan telaga yang pernah berperan penting dan akan tetap berperan penting di wilayah Gunungkidul. Sayangnya, saat ini masyarakat kurang memperhatikan telaga dan bahkan melihat telaga sebagai simbol keterbelakangan, karena telah ada saluran PDAM di rumah tinggalnya,” pungkas Edi. (Andriyani).

Komentar

Komentar