Lima Pemuda Ikuti Seleksi Perangkat Desa

oleh
SEMANU, kabarhandayani,– Pemerintah Desa Semanu Minggu (21/9/2014) melaksanakan seleksi untuk mengisi kekosongan perangkat desa. Formasi Perangkat Desa yang lowong adalah Kepala Bagian Pembangunan. Sebelumnya, Kepala Bagian Pembangunan Desa Semanu dijabat oleh Supriyo Wibowo yang mengundurkan diri setahun lalu.
Kepala Desa Semanu Andang Yunanto (43) menjelaskan, kekosongan hampir setahun, namun baru tahun ini dapat dilaksanakan seleksi perangkat desa yang baru. Hal ini dilakukan karena pengisisan perangkat desa butuh proses perencanaan yang matang dan persiapan biaya.
Andang menuturkan, pelaksanaan pengisian perangkat desa sudah dimulai sejak 3 bulan yang lalu. Pertama diawali dengan pembentuan panitia, penyusunan peraturan pengisian perangkat desa, dilanjutkan sosialisasi dan penjaringan serta pendaftaran calon perangkat desa. “Hari ini kita laksanakan ujian seleksi untuk calon Kepala Bagian Pembangunan Desa Semanu,” jelas  Andang.
Untuk proses ujian ini, Andang menambahkan, seleksi dilaksanakan secara terbuka dan dapat dilihat serta dapat diawasi oleh masyarakat. Proses penyusunan soal baik soal untuk praktek komputer maupun ujian tertulis tentang pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, undang-undang desa dan undang-undang keistimewaan. Tim penguji yang terdiri dari anggota BPD dan tokoh masyarakat baru ditentukan tadi pagi dan langsung menyusun soal sejak tadi jam 07.30 WIB di Balai Desa Semanu.“Pagi tadi seluruh tim penguji dan peserta begitu datang ke balai Desa Semanu diperiksa oleh Kepolisian Sektor Semanu agar meninggalkan alat komunikasi pada saat proses seleksi berlangsung,” tambahnya.
Lanjut Andang, peserta ujian Perangkat Desa Semanu mayoritas diikuti oleh pemuda-pemudi Semanu yang memang memenuhi syarat. Mayoritas masih muda di bawah 30 tahun. Lima pemuda tersebut yaitu; Anjar Darmawati dari Munggi Pasar, Yuliana Tri Ambarwani, Ikna Febrianto, Noermadina Cipta Indriyawati dari Munggi, dan Agus Sumarno dari Tambakrejo.
Pelaksanaan ujian komputer dimulai sejak pukul 09.00 menggunakan Laboratorium Komputer SMPN 1 Semanu dengan waktu 2 jam. Materi yang diujikan adalah Ms.Word dan Ms.Excel. Selanjutnya ujian tulis dilaksanakan di Balai Desa Semanu dengan waktu 2 jam. Hingga berita ini disusun ujian komputer masih berlangsung.  (HeriFosil/Jjw)

Komentar

Komentar