Libur Lebaran, Pemkab Targetkan Perolehan Retribusi Wisata Sebanyak Rp. Rp. 2,6 Milyar

oleh
Jumpa pers sambut Idul Fitri 1439 H dan libur panjang. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH),– Momentum lebaran Pemkab Gunungkidul, dalam hal ini Dinas Pariwisata Gunungkidul mematok target perolehan retribusi destinasi wisata sebanyak Rp. 2,6 Milyar.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti saat jumpa pers, Kamis, (7/6/2018) mengatakan, perolehan tersebut didapat dari target kunjungan wisatawan sebanyak 300.000 orang.

“Menyambut libur panjang, pengamanan wisata melibatkan 530 personil dari berbagai instansi, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan / Puskesmas, Satpol PP, Polres dan Kodim,” jelasnya .

Guna memberikan kenyamanan wisatawan selama berkunjung, petugas gabungan siap melaksanakan pengawasan dan pengamanan. Wisatawan akan mendapat pelayanan terkait kelancaran perjalanan, pelayanan kesehatan hingga sambutan berupa pagelaran kesenian untuk destinasi wisata tertentu agar wisatawan terkesan selama berkunjung.

Sementara itu mengantisipasi adanya risiko wisatawan tersengat ubur-ubur dan kecelakaan lain, Dinas Kesehatan melakukan sejumlah antisipasi. Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawati, menambahkan, guna mengantisipasi adanya hal-hal yang mengganggu keselamatan wisatawan pihaknya telah menyiapkan posko-posko di sejumlah destinasi wisata.

“Posko layanan kesehatan didirikan dibeberapa pantai, diantaranya; Posko Pulang Sawal, Pantai Ngobaran, Pantai Baron dan Pantai Sundak. Semua buka dari tanggal 17 sampai 24 Juni 2018. Setiap hari beoperasi pukul 08.00 WIB,” paparnya.

Kemudian posko layanan kesehatan yang tidak berada di pantai diantaranya berada di Gua pindul, Nglanggeran dan Sri Gethuk.

Dewi Irawati menambahkan, Ada juga satu tim di Dinas Kesehatan bernama Tim Gerak Cepat, yang bertugas untuk menangani Kejadian Luar Biasa (KLB). Petugas Tim Gerak Cepat siap selama 24 jam on call. (Kandar)

Komentar

Komentar