KPU Sosialisasikan Perubahan Daerah Pemilihan Pemilu 2019

oleh
Perubahan Dapil Pemilu 2019 di Gunungkidul. foto: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai melakukan sosialisasi perubahan komposisi Daerah Pemilihan (Dapil). Hal tersebut dilakukan menyusul diterimanya ketetapan perubahan dapil yang sebelumnya telah diajukan ke pusat.

Ketua KPU Kabupaten Gunungkdidul, Muh Zaenuri Ikhsan, mengatakan, perubahan dapil merupakan keputusan resmi dari KPU Pusat berdasarkan keputusan nomor 227/PL.01.3-Kpt/006/KPU/1V/2018. Berdasar keputusan tersebut, jumlah alokasi kursi pada pemilu 2019 untuk kabupaten Gunungkidul berjumlah 45 kursi dengan 755.977 suara.

“Dalam dapil 2019 ada perubahan komposisi kecamatan dan jumlah kursi,” katanya, Selasa, (10/4/2018).

Rinci disebutkan, dapil Pemilu 2019 dibagi menjadi 5 bagian. Dapil 1 meliputi wilayah Kecamatan Wonosari dan Playen memiliki jumlah alokasi kursi 9. Dapil 2 dengan delapan alokasi kursi meliputi wilayah kecamatan Gedangsari, Ngawen, Nglipar dan Patuk.

“Sedangkan dapil 3 yang terdiri dari Kecamatan Karangmojo, Ponjong, dan Semin memiliki 10 alokasi kursi. kemudian dapil 4 diisi oleh Kecamatan Girisubo, Rongkop, Semanu, dan Tepus dengan jumlah sembilan alokasi kursi,” paparnya.

Kemudian untuk dapil 5 meliputi Kecamatan Paliyan, Panggang, Purwosari, Saptosari dan Tanjungsari terdapat sembilan alokasi kursi.

Terpisah, Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno berharap dengan adanya perubahan jumlah kursi dan komposisi kecamatan pada dapil Gunungkidul, keterwakilan wakil rakyat dalam setiap dapil diharapkan membawa perubahan serta dampak yang baik. (Wibowo)

Komentar

Komentar