KOMBI Kibarkan Merah Putih Di Dalam Gua Berkedalaman 1 Kilometer

oleh
Upacara di dalam Gua Pulejajar, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. KH/ Rado.

GIRISUBO, (KH),– Jum’at, 17 agustus 2018 Komunitas Merangkul Bumi (Kombi) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 73 di dalam gua.

Gua Pulejajar sebagai lokasi upacara pengibaran bendera terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul. Ketua Kombi, Rubiyanto mengatakan, kegiatan upacara tersebut dilakukan rutin setiap tahun.

“Lokasi upacara berada di dalam gua berkedalaman sekitar satu kilometer,” terangnya.

Rubiyanto menambahkan, gua memiliki ruangan yang sangat luas serta di dalamnya terdapat air terjun. Peserta upacara yang berjumlah 20 personil tersebut mulai masuk ke dalam gua pukul pada 08:00 WIB kemudian keluar gua setelah upacara selesai sekitar pukul 11:30 WIB.

Lebih jauh disampaikan, Kombi selama ini mengupayakan pemanfaatan sumber air di dalam gua agar dapat dimanfaatkan masyarakat Desa Jepitu. Sebagaimana diketahui, desa yang tidak jauh dari gua mengalami kesulitan dalam hal pemenuhan air bersih.

“Air Gua Pulejajar belum bisa sampai ke Desa Jepitu.  Saat ini air sebatas dimanfaatkan petani di sekitar gua,” ungkap Rubiyanto.

Kedepan air gua pulejajar akan diupayakan dapat diambil menggunakan mobil tangki. Dengan begitu warga tidak terlalu lama menunggu giliran membeli air. Saat ini sistem pembagian dan jumlah harga baru dalam tahap musyawarah. (Rado)

Komentar

Komentar