Kiriman Makanan Diduga Beracun, Satu Keluarga Dilarikan Ke Puskesmas

oleh
Warga Playen diduga keracunan dirawat intensif di Puskesmas Playen I. KH/ Wibowo.

PLAYEN, (KH),– Tujuh orang dalam satu keluarga di Padukuhan Tompak, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpaksa dilarikan ke Puskesmas setelah mengalami gejala-gejala keracunan, Kamis, (22/2/2018).

Diduga menjadi Penyebabnya, ketujuh orang tersebut mengkonsumsi makanan kiriman dari saudaranya yang menggelar hajatan di Padukuhan Wukir Sari, Girimulyo, Imogiri Kabupaten Bantul.

Ketujuh orang tersebut diantaranya, Maratu Shalihah, Tuju, Hamdani, Subhan Qoirul Anwar, Setya Budy Wibowo, Siti Wahidatun dan Jumarti mengalami pusing, menggigil, sakit kepala disertai dengan panas tinggi, sakit perut hingga muntah.

Mereka mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Playen I. Sementara sampel makanan kiriman dari saudaranya yang menggelar hajatan pada Rabu sebelumnya hendak dilakukan pengecekan di laboratorium.

Kepala Puskesmas Playen I, dr. Johana Barahama mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan makanan apa yang mengandung racun karena hasil laboratorium baru dapat diketahui dua minggu mendatang.

“Contoh sisa makanan seperti ayam goreng, urap, bakmi dan makanan baru diteliti,” ujarnya. Terhadap pasien diduga keracunan, selama 24 jam kedepan pihak Puskesmas akan memberikan dampingan khusus untuk menentukan penanganan lanjutan.

Pihak berwajib Kepolisian Sektor Playen turut turun tangan atas peristiwa ini. (Wibowo).