Kerangka Manusia Yang Ditemukan Petani Diduga Dikubur Satu Tahunan

oleh
Evakuasi kerangka manusia oleh Polda DIY dari hutan jati di Playen, Gunungkidul. KH/ Kandar.

PLAYEN, (KH),– Kerangka manusia yang ditemukan oleh seorang petani di hutan jati di Padukuhan Sawah Lor, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Gunungkidul, dievakuasi oleh tim Disaster victim investigation (DVI) Polda DIY, Jum’at, (4/10/2019). Jajaran Polres Gunungkidul dan Polsek Playen juga terlibat dalam pelaksanaan evakuasi kerangka yang sebelumnya terkubur ini.

Mulanya, kerangka ditemukan oleh seorang warga setempat bernama Mujiyo. Berdasar pengakuan, ia menemukan kerangka secara tidak sengaja saat mencangkul lahan, Sabtu, (31/9/2019) lalu.

“Saya mau menggarap lahan. Rencananya mau ditanami rumput pakan ternak,” kata dia disela menyaksikan evakuausi kerangka.

Disaat mencangkul ia merasa aneh dengan temuan benda mirip batu berwarna putih. Setelah dicek ternyata tengkorak manusia. Perihal penemuan tengkorak itu, oleh Mujiyo disampaikan ke ketua RT setempat.

Kabar tersebut semakin meluas hingga didengar pihak berwajib. Jajaran Polsek Playen lantas mendatangi lokasi dan memasang garis polisi Kamis, (3/10/2019) kemarin usai memastikan bahwa kabar adanya temuan kerangka manusia tersebut benar adanya.

Sehari berikutnya, upaya kepolisian untuk membuka misteri siapa dan bagaimana kerangka tersebut terkubur tidak jauh dari barak latihan tentara itu mulai dilakukan. Tim DVI Polda DIY dibantu Tim Inafis Polres Gunungkidul dan Polsek Playen mengevakuasi kerangka itu.

“Kerangka akan kami bawa ke RS Bhayangkara Polda DIY untuk diidentifikasi,” kata Kabid Dokkes Polda DIY, AKBP Is Sarifin usai menggali dan mengambil kerangka manusia.

Kerangka Manusia Diduga Berusia Remaja

Berdasar hasil temuan awal, kerangka tersebut diduga kuat berjenis kelamin perempuan. Sebab, di dalam liang terkuburnya kerangka terdapat bra.

Selain berhasil mengumpulkan tulang belulang, sebelumnya petugas kepolisian juga menemukan sepatu wanita di lokasi kerangka terkubur.

Komentar

Komentar