Keracunan Saat Kuras Sumur, Dua Warga Ponjong Meninggal Dunia

oleh
Proses evakuasi korban keracunan di dalam sumur. foto: Save Rescue.

PONJONG, (KH),– Dua dari tiga warga yang keracunan gas di dalam sumur meninggal dunia, Minggu, (10/11/2019). Ketiga korban merupakan warga Padukuhan Plalar RT 001 RW 009, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.

Berdasar penelusuran, Kapolsek Ponjong, Kompol Mugiman mengatakan, sekira pukul 10.00 WIB, pemilik sumur, Tumini meminta tolong kepada korban, Suharwanto (33) untuk menguras dan mengecek sumur di samping rumahnya. Suharwanto dibantu korban lain, Karsiyo (33).

“Kemudian korban, Suharwanto masuk ke dalam sumur dengan memakai tangga bambu. Setelah masuk, kemudian korban menyalakan diesel. Setelah mesin diesel menyala, tiba-tiba korban lemas dan terjatuh,” tutur Kompol Mugiman.

Setelah itu korban lain, Karsiyo bermaksud akan menolong, namun justru ikut lemas dan terjatuh kedalam sumur. Setelah itu datang Satiyar. Satiyar bermaksud akan menolong, namun justru ikut sesak nafas dan lemas.

“Satiyar kemudian berhasil naik ke atas karena di dalam tidak tahan. Kemudian datang warga lain, Teguh juga akan menolong namun tidak berani,” imbuh Kompol Mugiman.

Satiyar lantas dibawa ke pelayanan medis untuk mendapat pengobatan. Karena di dalam sumur terdapat gas beracun, evakuasi dua korban dibantu berbagai unsur diantaranya; BPBD Gunungkidul, Save Rescue Indonesia, TRC BPBD DIY, Basarnas, Tagana Gunungkidul dan lain-lain.

“Dua korban dievakuasi dalam keadaan meningal dunia,” jelas Kompol Mugiman. Pihaknya menghimbau warga untuk berhati-hati jika hendak membersihkan sumur. Masyarakat harus memastikan kondisi sumur, apakah terdapat gas beracun atau tidak. (Kandar)

Komentar

Komentar