Kendaraan Difabel Ditempel Sticker, Pengendara Umum Diharap Berikan Prioritas

oleh
Pemasangan stiker khusus bagi kendaraan penyandang disabilitas. KH/ Kandar.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Forum Komunikasi Disabilitas Gunungkidul (FKDG), Selasa, (8/5/2018) kemarin melakukan pemasangan sticker khusus di kendaraan mereka. Pemasangan sticker secara simbolis dilakukan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Sulistyo Hadi.

Sulistyo Hadi menyambut baik atas inisiatif penyandang disabilitas tersebut. Pihaknya berharap penyandang disabilitas mendapat perhatian oleh pengendara lain saat berkendara di jalan raya. Inovasi pemasangan stiker tersebut dinilai juga menambah kenyamanan berlalu lintas bagi penyandang disabilitas.

“Harapannya pengendara lain yang menemui kendaraan dengan sticker khusus tersebut dapat memberikan prioritas dan kelonggaran,” harap Sulistyo Hadi.

Menurutnya, sticker merupakan tanda atau peringatan bagi pengendara umum di jalan raya agar memberikan kesempatan atau memudahkan laju kendaraan milik penyandang disabilitas.

Sambung Sulistyo Hadi, saat ini tidak sedikit penyandang disabilitas yang mengendarai kendaraan baik roda dua maupun mobil. Dengan segenap dinamikanya, bepergian menggunakan kendaraan menjadi kebutuhan penting bagi mereka.

Sticker khusus bagi kendaraan milik penyandang disabilitas. KH

Sementara itu, salah satu penyandang disabilitas penggagas pemasangan sticker, Legowo mengaku, sebelumnya pihaknya telah mengikuti berbagai musyawarah dengan beberapa lembaga terkait. Dari beberapa kali pertemuan sehingga muncul kesepakatan pemasangan sticker tersebut.

“Hal ini juga diketahui Ditlantas Polda DIY, selain itu juga mendapat dukungan dari Dinas Perhubungan,” ucapnya.

Penyandang tuna netra tersebut berharap, semua penyandang disabilitas di Gunungkidul yang terbiasa mengendarai kendaraan di jalan raya agar kendaraannya dipasang sticker sesuai kondisi masing-masing.

Pemasangannya, sticker ditempel di bagian belakang dan depan kendaraan agar mudah terlihat oleh pengendara umum. (Kandar)

Komentar

Komentar