Kementerian LHK Verifikasi MIN 4 Gunungkidul Calon Sekolah Adiwiyata Nasional

Kegiatan verifikasi oleh Tim Kementerian LHK di MIN 4 Gunungkidul. foto: MIN 4 Gunungkidul.

WONOSARI, (KH),– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan ke MIN 4 Gunungkidul di Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dalam rangka verifikasi sebagai calon sekolah Adiwiyata Nasional 2017. Kunjungan pada Senin, (7/11/2017) kemarin sejumlah program kegiatan sekolah yang berkaitan erat dengan lingkungan dicek langsung oleh tim penilai.

Beberapa hal yang dikonfirmasi langsung oleh Tim kementrian LHK diantaranya; kebijakan madrasah terhadap kepedulian lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, serta pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan.

Sebagai satu-satunya sekolah yang menjadi wakil Gunungkidul ditingkat nasional untuk jenjang SD/ MI, pelaksanaan verifikasi diharapkan mampu menambah jumlah institusi pendidikan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional yang dapat berimbas pada perbaikan lingkungan di wilayah sekitar.

“Diharapkan juga memberikan motivasi kami, MIN 4 Gunungkidul agar senantiasa memberikan pendidikan kepada siswa untuk lebih peduli lingkungan,” ujar Kepala MIN 4 Gunungkidul, Ria Ali Wardana disela kegiatan penyambutan tim penilai.

Ali Wardana merinci beberapa program kegiatan MIN 4 Gunungkidul yang telah berjalan sebagai wujud sekolah yang selalu memperhatikan dan peduli terhadap lingkungan, diantaranya; MIN 4 Gunungkidul meminimalisir adanya sampah plastik di lingkup sekolah dengan gerakan HARTATIK, yakni Hari-Hari Tanpa Plastik.

Kemudian menanam tanaman keras di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Banon yang berada tidak jauh dari sekolah, Menebar benih ikan di Sungai Banon Desa Pulutan, serta menyelenggarakan gerakan mengolah kembali sampah yang bisa dipakai kembali menjadi kerajinan yang dibuat oleh siswa. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar