Kementerian Kominfo Temukan 9.500 Situs Berkonten Negatif

oleh
Ilustrasi pemblokiran situs. foto: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sekitar 9.500 situs internet menurut temuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkonten negatif. Hal tersebut disampaikan Menteri Kominfo, Rudiantara saat melakukan lawatan ke Gunungkidul, Senin, (21/05/2018).

Disela kegiatan baksos di Ponpes Al Mumtaz, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Rudiantara menyebutkan, dari temuan ribuan situs berkonten negatif tersebut setidaknya 2.500 situs telah selesai diverifikasi kemudian dilakukan pemblokiran.

“Dari jumlah yang sudah diblokir, jumlah terbanyak merupakan konten yang ada pada Instagram, facebook dan Youtube,” terang Rudiantara.

Menurutnya, pemblokiran tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat dan hasil verifikasi Kementerian Kominfo yang dibantu oleh beberapa pihak.

Pihaknya meminta kepada masyarakat dan media untuk turut serta membantu dengan memberikan informasi jika menemukan situs yang berkonten negatif, sepertihalnya berisi konten paham radikal.

Sambungnya, kerja sama antara masyarakat dan pemerintah atau khususnya pihak kepolisian merupakan upaya untuk menjaga negara kesatuan Republik Indonesia.

“Langkah yang dilakukan semata demi keamanan warga negara untuk mengurangi risiko paham radikal atau terorisme,” tandasnya. (Wibowo)

Komentar

Komentar