Kemarau, Saat Yang Mudah Mendapat Nikmatnya Olahan Larva Lebah

oleh
Lebah saat diambil dari sarang dan ketika saat diolah. (Huri)

PALIYAN, (KH),– Ketika melihat sarang tawon lebah, umumnya orang akan berusaha menjauh.┬áNamun bagi sebagian warga masyarakat Kabupaten Gunungkidul, isi sarang tawon baik larva atau lebah dewasa malah dicari dan diolah menjadi makanan yang enak nan gurih.

Seperti yang dilakukan beberapa warga Dusun Lemahbang, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul ini, beberapa warga setiap malam mencari Tawon Baluh. Terlebih saat musim kemarau, sarang tawon lebih mudah ditemukan karena daun pepohonan meranggas.

Penyuka kuliner olahan lebah langsung mengeksekusi ketika ada target sarang Lebah di sekitar tempat tinggal mereka ketika malam hari tiba.

Tak boleh sembarangan, mengambil sarang tawon dari pohon bukan perkara mudah. Butuh nyali yang besar. Sebab, jika salah perhitungan, bukan tidak mungkin akan diserang ratusan lebah.

“Biasanya sarang tawon itu ada di pohon Jati, Mahoni atau pohon yang tinggi, nah saat menaiki pohon, harus berhati-hati, sebab kalau tidak hati-hati saat memegang ranting pohon maka tawon akan keluar dari sarang dan menyengat,” kata Aditya Wahyu (23), salah satu warga yang biasanya ditugaskan untuk memanjat pohon, Rabu, (25/07/2019).

Lebih lanjut Aditya menjelaskan, untuk menaklukan tawon di dalam sarang, ia biasanya menggunakan alat yang terbilang sederhana. Yakni dengan kain yang sudah dilumuri Bensin/ Pertalite lalu di sumpal dibagian pintu lubang keluar masuk tawon.

“Setelah di sumpal, baru kita tunggu 5-10 Menit untuk memastikan bahwa tawon di dalam sarang benar benar sudah mati, dan baru kita copot dari pohon,” jelasnya.

Setelah berhasil, tawon diambil satu persatu dari sarang, perlu di garis bawahi walaupun lebah sudah mati, namun tawon masih bisa menyengat.

“Nah setelah tawon sudah di pisahkan dari sarang kemudian di masukan di wadah besar (baskom) dan di beri air panas untuk menghilangkan racun sekalian dibersihkan dari bau bensin,” papar Aditya.

Tawon sendiri biasanya di olah dengan dibumbui bawang dan Garam lalu di goreng. Namun saat di goreng jangan terlalu lama sebab nanti akan terasa pahit saat di lidah.

“Kalau terlalu lama kan nanti gosong, nanti malah ngak enak,” jelasnya

Kuliner tawon, kata dia, akan lebih enak jika di hidangkan dengan sambal bawang. (Huri)

Komentar

Komentar