Kekeringan Makin Meluas, Bantuan Air Dr. Tugiman Sasar Wilayah Utara

oleh
Pendistribusian bantuan air bersih dari Kolonel Inf Dr. Tugiman. (ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Kemarau panjang tahun ini membuat sejumlah warga di beberapa wilayah Kabupaten Gunungkidul menghadapi permasalahan kelangkaan air bersih.  Sejumlah pihak telah turun tangan membantu mengatasi masalah tersebut, dengan melakukan drooping air ke daerah-daerah yang membutuhkan. Hal tersebut juga dilakukan oleh Kolonel Inf Dr. Tugiman.

Bila beberapa waktu sebelumnya, bantuan air bersih darinya menyasar bagian selatan Gunungkidul yaitu  Kecamatan Tepus, Girisubo, Rongkop, Tanjungsari dan Saptosari, kali ini bantuan air bersih menyasar bagian utara Kabupaten Gunungkidul, yakni Kecamatan Ngawen, Semin, Nglipar dan Ponjong.

Kurang lebih sekitar 100-an tanki air bersih disalurkan di titik-titik kritis di daerah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Dr. Tugiman, langkah itu dilakukan dalam rangka pemerataan dan sekaligus wujud kepedulian terhadap saudara dan warga yang saat ini mengalami kesulitan air bersih.

“Tentu daerah ini kita pilih, semata-mata demi pemerataan sekaligus wujud kepedulian bagi daerah yang merupakan tempat saya lahir dan dibesarkan. Saudara-saudara saya di sektor utara sedang mengalami kesulitan air,” ungkapnya.

Tugiman  juga berharap ada solusi tuntas terhadap persoalan klasik dan menahun yang terus terjadi setiap musim kemarau ini.

“Bantuan dan drooping air bersih ini hanya solusi sesaat, saya yakin dengan sentuhan teknologi dan pemberdayaan putra-putra terbaik Gunungkidul, kedepan masalah air bersih akan menemukan solusi tuntas,” tandas tokoh masyarakat kelahiran Kedungpoh, Kecamatan Nglipar itu.

Pengamat sosial politik dan dosen Fakultas Hukum Unpas Bandung ini juga mengajak masyarakat untuk tidak mudah menyerah dan terus bekerja keras dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.

“Karakter masyarakat Gunungkidul adalah karakter petarung dan pekerja keras, sehingga saya yakin kesulitan itu tidak akan menyurutkan niat dan semangat untuk terus bekerja keras dan beraktivitas,” ungkap Tugiman.

Sementara itu beberapa warga masyarakat mengaprisiasi atas kepedulian dan bantuan air bersih dari Kolonel Inf Dr. Tugiman. Tokoh masyarakat Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Suroyo menyampaikan terima kasih atas bantuan  air bersih yang diberikan kepada warga Desa Pengkol.

Suroyo ungkapkan, akibat kemarau panjang, Desa Pengkol yang sebelumnya tidak mengalami kesulitan air bersih, kali ini ikut terdampak. Sehingga bantuan air dari Kolonel Tugiman dirasakan sangat membantu masyarakat setempat.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh warga Desa Mengger Kecamatan Nglipar, Wasini dan Dukuh Sendang 1 Kecamatan Ponjong, Lasimin, serta sejumlah masyarakat penerima bantuan air bersih lainnya, bahwa air yang diterima akan bermanfaat beberapa minggu ke depan. (red)

Komentar

Komentar