Kegiatan Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga Hendak Dilaksanakan Di Gunungkidul

oleh
Audiensi BBRSPDF di Pemkab Gunungkidul. foto: ist.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Surakarta pada tahun ini hendak melaksanakan kegiatan “Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga (RSBK)” di wilayah Jawa Tengah; Jawa Timur; Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Bali.

Adapun untuk pelaksanaannya di DIY Kabupaten Gunungkidul dipilih menjadi sasaran. “Kegiatan ini untuk memperluas jangkauan pelayanan rehabilitasi sosial kepada penyandang disabilitas fisik yang melibatkan peran aktif keluarga penyandang disabilitas,” kata Kepala BBRSDF, Bambang Sugeng saat audiensi dengan Stakeholder Pemkab Gunungkidul, Kamis, (04/07) lalu.

Lebih lanjut dikatakan, tahapan awal Kegiatan tersebut diawali pemetaan lokasi mengenai potensi keterlibatan penyandang disabilitas fisik mengikuti kegiatan sesuai persyaratan.

Dalam pertemuan juga dibahas mengenai langkah koordinasi dengan Dinas Sosial, perangkat Muspika hingga Pemerintah Desa untuk kesiapan kerjasama dalam Kegiatan RSBK di wilayah sasaran.

“Kegiatan RSBK sangat memerlukan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten; pihak kecamatan sampai di tingkat desa,” tegas Bambang Sugeng.

Keberlanjutannya, tandas dia, memerlukan suport dinas terkait untuk kesinambungan upaya peningkatan kemampuan penyandang disabilitas sebagaimana pemenuhan hak- hak penyandang disabilitas yang diatur dalam Undang-undang RI Nomor: 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Kegiatan RSBK akan dilaksanakan setelah dilaksanakan identifikasi oleh BBRSPDF. Kesepakatan bersama antara BBRSPDF dan Pemkab Gunungkidul mutlak diperlukan guna kelancaran teknis pelaksanaan program tersebut. (Kandar).

Komentar

Komentar