Kebakaran Kembali Menimpa Ponpes Darul Qur’an Wal Irsyad

oleh
Bekas kebakaran di ruang asrama santri putri Ponpes Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari. foto: istimewa.

WONOSARI, (KH),– Senin, (09/4/ 2018) kemarin Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur’an Wal Irsyad kembali terbakar. Kebakaran Ponpes yang beralamat di Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Berdasar keterangan salah satu santri, Muhammad Akhiyar (28) sebagaimana yang dihimpun petugas Polsek Wonosari, saat terjadi kebakaran santri putri sedang melaksanakan kegiatan Ujian kitab dan hafalan Al Qur’an diruang Kelas.

Pada saat terbakar ruangan asrama santri putri dalam keadaan kosong. Salah satu santri putri yang berada di masjid bagian atas di samping asrama santri putri melihat ada kepulan asap yang keluar dari salah satu ruangan.

Peristiwa tersebut kemudian disampaikan ke Muhammad Akhiyar. Muhammad Akhiyar bersama santri putra yang lain segera menuju blokasi titik api dan berupaya memadamkan dengan alat seadanya.

Menurut Akhiyar, kebakaran diduga berasal dari kasur yang disandarkan di almari. Api berasal dari pojok almari yang diatasnya terdapat beberapa buku dan kertas, sehingga saat terbakar api meleleh di kasur dan menimbulkan kobaran api.

“Api lumayan besar sehingga menghanguskan tembok, eternit dan sebagian ruangan kamar asrama putri, tutur Akhiyar.

Sementara itu, Kapolsek Wonosari, Kompol Sautama, SIP, mengatakan, beberapa perabotan yang terbakar diantaranya; 10 kasur busa, atap lemari pakaian, dan 8 eternit kamar. Diprediksi kerugian kurang lebih mencapai Rp. 4.500.000.

Sebagaimana diketahui, di Ponpes Darul Qur’an tergolong sering terjadi musibah kebakaran. Bahkan tidak lebih dari satu bulan terakhir, setidaknya terjadi dua kali musibah kebakaran. (Kandar)