Kartu Tani Permudah Akses Berbagai Bantuan Pemerintah

Penyerahan kartu tani di Kecamatan Karangmojo. (Desa Karangmojo)

KARANGMOJO, (KH),– Ribuan petani di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai menerima kartu tani dari pemerintah. Secara simbolis, ribuan kartu tani diberikan kepada petani di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Kamis, (7/9/2017).

Khusus di Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul sebanyak 12.143 petani menerima pembagian kartu tani yang merupakan bantuan dari pemeritah pusat guna mendukung program swasembada pangan nasional.

Program kartu tani bekerjasama dengan BRI. Pada kegiatan penyerahan, Bupati Gunungkidul, Hj. Badigah, S.Sos di Aula Kecamatan Karangmojo mengatakan, dengan kartu tani, petani saat ini tidak perlu membawa uang tunai untuk berbelanja keperluan tanamnya.

“Dengan kartu tani petani bisa membeli pupuk bersubsidi, bibit, obat-obatan pertanian, hingga keperluan pangan sampai waktu panen”, kata Badingah.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan Pupuk, Direktorat Jendaral Pupuk dan Pestisida, Kementerian Pertanian, Endah Susilowati menyebutkan, ada banyak kegunaan kartu tani tersebut, diantaranya kartu tani dapat digunakan untuk mengakses atau mendapatkan pupuk bersubsidi dan bantuan lainya yang diberikan pemerintah.

Menurutnya, selain memudahkan petani dalam mengakses berbagai bantuan dari pemerintah, kehadiaran kartu tani diharapkan dapat meminimalisir penyalahgunaan pendistribusian pupuk yang selama ini banyak dimanfaatkan oknum tertentu.

“Dengan kartu tani tersebut pemerintah berharap distribusi pupuk ke petani akan tepat sasaran,” ujar Endah.

Lebih lanjut pihaknya menerangkan, untuk memperoleh kartu tersebut, sebelumnya para petani telah didata dan mendapat verifikasi oleh petugas penyuluh pertanian. Petani yang mendapatkan kartu tersebut adalah petani yang memiliki lahan kurang dari dua hektar.

Pada tahap awal, program kartu tani hanya dilaksankan di Pulau Jawa, Namun Endah berharap, penyaluran kartu tani dapat terealisasi dan dirasakan oleh petani di seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, ada 41.628 petani di Kabupaten Guunungkidul yang akan mendapat kartu tersebut. Hingg saat ini baru ada 2.223 kartu yang sudah dibagikan. (Wibowo).

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar