Kampung KB Juga Menyentuh Aspek Pendidikan Dan Ekonomi

oleh
Kegiatan penilaian Kampung KB di Desa Bejiharjo, Karangmojo. KH

GUNUNGKIDUL, (KH),– Senin (5/11) kemarin Tim penilai dan evaluasi Kesatuan Gerak PKK KB dan Kesehatan meninjau Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Beberapa program kegiatan yang ditinjau yakni Kampung KB di Dusun Bulu, perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Dusun Banyubening 1,  serta administrasi PKK desa setempat.

Kabid Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (KB DP3AKBPMD) Gunungkidul, Dra Dwi Iswantini menuturkan, Kampung KB tidak sekedar untuk mendorong partisipasi KB.

“Namun banyak kegiatan lain yang juga bersentuhan langsung dengan masyarakat. Termasuk kegiatan yang menyinggung aspek pendidikan, ekonomi dan lain-lain,” ujar Dra Dwi Iswantini.

Bahkan, kata Dwi Iswantini, kampung KB juga menjadi lokasi atau sasaran program kegiatan lintas sektor atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Artinya, banyak anggaran kabupaten maupun DIY disasarkan untuk membangun kampung KB. Kampung KB dapat membentuk ketahanan keluarga yang kuat, sehingga dapat  menanggulangi permasalahan psikososial meliputi bunuh diri dan lainnya.

Sementara itu, Kades Bejiharjo Yanto, menambahkan, semangat masyarakat Desa Bejiharjo untuk mendukung terciptanya PHBS maupun kegiatan lain cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme masyarakat di seluruh dusun di Bejiharjo.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Penggerak PKK Gunungkidul Dra Zultiyanti MA berharap, kegiatan penilaian dapat mendorong masyarakat mencipatakan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan membentuk perilaku pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kedatangan tim penilai ke Desa Bejiharjo dipimpin Dr Siswatiningsih disambut Assek 1 Pemda Gunungkidul, Sudodo MM, dan Kepala DP3AKBPMD, Sujoko MSi dan sejumlah tokoh masyarakat. (Kandar)

Komentar

Komentar