Jogja Experience #2: JLRC Ajak Ratusan Peserta Ikut Eksplorasi Alam Gunungkidul

oleh
Panitia event Jogja Experience berfoto bersama Dinas Pariwisata DIY dan Kabupaten Gunungkidul serta perwakilan media. KH/ Kandar.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Jogjakarta Land Rover Community (JLRC) kembali menggelar Jogja Experience. Event petualangan menjelajah alam di Gunungkidul yang bertajuk Nomadic Adventure Camp ini merupakan yang ke 2 usai gelaran pertama sukses dilaksanakan di Kulon Progo 2017 lalu.

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY, Aria Nugrahadi M.Eng menyebutkan, kegiatan petualangan akan berlangsung di kawasan Geopark Gunung Sewu Kabupaten Gunungkidul dari 27-30 Juni 2019.

“Setidaknya 150 peserta akan ambil bagian dalam event ini. Mereka berasal dari dalam dan luar negeri. Diantaranya dari Malaysia, Singapura, kemudian dari luar jawa, ada dari Pekan Baru, Lampung, Bali, Lombok, Sulawesi, dan seputar Jabodetabek,” terang Aria dalam press release di Geosite Gua Ngingrong, Selasa, (25/6/2019).

Ia menjelaskan, dua hal dalam konteks kepariwisataan yang ingin diraih yakni, pertama; kegiatan ini merupakan respon Dinas Pariwisata DIY dan Kabupaten bersama komunitas, mengenai program Kementerian Pariwisata Nomadic Tourism. Konsep kepariwisataan tidak lagi mess tourism tetapi lebih ke experience atau pengalaman.

“Teman-teman komunitas Land Rover ini keunggulannya bisa menerabas wilayah-wilayah yang belum terlihat eksotikanya. Saya yakin ketika sudah diekspose oleh komunitas JLRC tentu akan menjadi bagian dari promosi geopark dan pariwisata di Gunungkidul,” papar Aria lagi.

Sementara yang ke 2, aspek ekonomi bagi masyarakat. Selama perjalanan komunitas Land Rover juga akan berada di titik-titik perekonomian masyarakat. Harapannya akan terjadi proses transaksi. Baik membeli kuliner maupun cinderamata.

“Nanti di Nglanggeran akan mengunjungi dan dipastikan membeli cokelat. Pusat kerajinan cinderamata di Bobung juga akan disinggahi,” kata Aria lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Jogja Experience #2, Samuel Budi W menambahkan, tema Nomadic Adventure Camp dirasa tepat untuk mewakili semua yang ada dalam gelaran ini, karena selama 3 hari peserta yang merupakan para penyuka kendaraan Land Rover dari berbagai daerah di Indonesia akan diajak merasakan serunya menyusuri gugusan Gunung Api Purba Nglanggeran, menuruni lembah Kali Oya, melihat bentang alam Gunungkidul dari Embung Batara Sriten, menikmati eksotisnya pantai selatan Gunungkidul serta mencicipi khasnya kuliner Gunungkidul.

“Peserta yang membawa keluarga terutama anak-anak akan diajak bersama mengikuti kegiatan Caving Program di Geosite Ngingrong,” kata dia.

Komentar

Komentar