Jemput Lansia Dengan Motor, Disdukcapil Targetkan 2018 Selesai Perekaman e KTP

oleh
Eko Subiyantoro, Kepala Disdukcapil Gunungkidul. KH/ Kandar
Eko Subiyantoro, Kepala Disdukcapil Gunungkidul. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH),– Masih banyak warga di Gunungkidul khususnya kelompok lansia yang belum melakukan perekaman data KTP elektronik atau e KTP. Berdasar data Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), di Gunungkidul ada 8.400 warga lanjut usia.

“Namun baru 1.129 yang melakukan perekaman e KTP,” terang Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiantoro, beberapa waktu lalu.

Untuk mempercepat proses perekaman, Disdukcapil berusaha mempersiapkan terobosan baru yakni melakukan penjemputan kepada warga lansia dengan sepeda motor. Menurut Eko, program jemput bola ini dinilai sangat efektif untuk mempercepat proses perekaman e KTP.

Untuk itu, lanjut Eko, pihaknya telah mengusulkan pengadaan sepeda motor kepada bupati. Selain itu persiapan lain berupa tenaga penjemput juga telah disiapkan. Ada tiga tim dimana masing-masing tim berisi enam petugas penjemput.

“Mereka akan ditugaskan di setiap kecamatan secara bergantian,” lanjutnya.

Upaya penjemputan ke rumah masing-masing lansia diharapkan mempercepat proses perekaman data e KTP. Sehingga target selesainya pekerjaan tersebut pada tahun 2018 dapat terealisasi. (JNE)

Komentar

Komentar