Jelang Lebaran: Ratusan Pekerja Ramai-Ramai Daftar Di Penyalur Tenaga Kerja

oleh
Para calon pekerja yang sedang mendaftar di PT Srikandi Mandiri Duta Mulia. KH

YOGYAKARTA, (KH),– Lebaran merupakan saat yang ditunggu bagi setiap perantauan untuk bisa mudik dan menyambung silaturahmi dengan sanak saudara. Bagi pekerja non formal seperti PRT, Babysitter dan pramurukti yang bekerja di luar daerah, mereka biasanya sudah menyisihkan dana jauh-jauh hari untuk ongkos mudik.

Saat pekerja reguler mudik, majikan membutuhkan pekerja pengganti dan ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ratusan pekerja dari berbagai pelosok Gunungkidul ‘turun gunung’ menyerbu kantor-kantor penyalur tenaga kerja untuk melamar kerja menjadi pekerja inval lebaran atau pekerja pengganti selama pekerja utama mudik.

Fenomena pekerja turun gunung juga terjadi di PT Srikandi Mandiri Duta Mulia, salah satu perusahaan penyalur PRT, Babysitter dan Pramurukti yang terkemuka di Yogya.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2003 dan berkantor di ringroad utara Karangnongko Maguwo ini sejak awal Juni terlihat lebih ramai dari biasanya dengan pekerja-pekerja yang mendaftar untuk ikut dalam program pekerja inval lebaran.

“Perusahaan kami ini kami dirikan dengan tujuan untuk melindungi hak pekerja dan masyarakat pengguna sebaik-baiknya. Para pekerja yang datang tidak kami tarik biaya sedikitpun. Pekerja tidak dikenai ongkos pendaftaran, ongkos makan dan minum selama menunggu proses penempatan dan gaji sama sekali tidak dipotong. Semua utuh diterima”, demikian penjelasan Direktur PT. Srikandi Mandiri Duta Mulia, Yedija Eka Bella Bertty.

Untuk proses mendapatkan pekerjaan, pekerja cukup membawa identitas KTP/SIM yang berlaku, kartu keluarga dan sertifikat keahlian perawat lansia atau babysiter yang dimiliki.

Tahun 2015 lalu PT Srikandi Mandiri Duta Mulia mendapatkan kunjungan dari tim perancang undang-undang perlindungan pekerja rumah tangga Sekretariat Jendral DPR RI untuk mencari masukan-masukan dari pihak penyalur tenaga kerja.

Untuk menjamin perlindungan hak-hak pekerjanya, sekaligus menjamin hak pekerja terbayar penuh, PT Srikandi memberlakukan sistem penggajian semua pekerja setiap tanggal 1.

“Jadi jika PNS tanggal 1 gajian, pekerja kami pun gajian juga”, ujar Yedija Eka Bella Bertty yang lulus cumlaude dari fak hukum UAJY, 2016 lalu. Untuk menghubungi PT. Srikandi Mandiri Duta Mulia dapat melalui CP: 081 904  240 241. (Kandar)

Komentar

Komentar