Jauh Dari Pantauan, Kambing Warga Dimangsa Hewan Liar

oleh
Hewan ternak mati digigit hewan buas. foto: Humas Polsek Girisubo.

GIRISUBO, (KH),– Hewan buas diduga anjing liar memangsa hewan ternak milik warga Padukuhan Sawah, Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Harjono (45).

Peristiwa tewasnya kambing Harjono diketahui warga setempat, Maryanto (47) yang kebetulan melintas di sekitar kandang milik Harjono, Senin, (17/9/2018).

Bhabinkamtibmas Desa Tileng, Aiptu Agus Sugiharto mengungkapkan, dari pengamatan, dua ekor kambing yang mati mengalami luka gigitan di bagian perut dan leher.

Dugaannya, kambing mati karena hewan buas berupa anjing liar yang dapat berubah perilakunya karena pengaruh ketersediaan makanan, imbas dari kemarau.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang mempunyai hewan ternak yang berada di kandang di kawasan ladang hendaknya meningkatkan pengawasan,” himbaunya.

Selain melakukan ronda di kawasan kandang, kambing dapat pula dibawa pulang untuk sementara waktu. Keterangan yang diperoleh dari warga, kasus serupa sering terjadi di wilayah setempat.

Berdasar informasi yag dihimpun, peristiwa tewasnya hewan ternak yang berada di kandang di kawasan ladang juga terjadi di Kecamatan Tepus, Gunungkidul. (Kandar)

Komentar

Komentar