Jasa Antar Makanan Berbasis Aplikasi Dongkrak Omset Usaha Kuliner Gunungkidul

oleh
Omset di Kantin Perak melejit dengan adanya jasa pesan antar makanan secara online. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH),– Layanan jasa pesan antar makanan daring berbasis aplikasi menggeliat di Gunungkidul. Tak sebatas mengantarkan orang yang akan bepergian, layanan jasa  pesan antar makanan yang diluncurkan Go-Jek dan Grab banyak dimanfaatkan masyarakat.

Dampaknya, omset pemilik wirausaha kuliner meningkat. Hal ini diungkapkan salah satu wirausahawan kuliner di Wonosari, Rio (35). Pemilik ‘Kantin Perak’ warga Padukuhan Pandansari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari ini sebelumnya tak menyangka layanan pesan antar makanan akan diterima pasar Gunungkidul.

Kini, dirinya mengaku  turut menuai peningkatan hasil bisnis kuliner yang ia geluti dengan mendaftar sebagai merchant di sistem layanan pesan antar makanan online.

“Kami coba daftar ke sistem online satu bulan terakhir. Tanggapan konsumen bikin kaget, omsetnya menyamai yang konvensional,” jelas Rio belum lama ini.

Hitungan dia, hasil penjualan antara konsumen yang langsung makan di kedai miliknya dengan yang dipesan pelanggan melalui aplikasi online tak jauh berbeda.

Mulanya, kedai makanan bersegmen kaum milenial yang ia kelola tersebut merupakan kantin untuk pelajar SMP dan SMA yang dikelola orang tuanya. Setelah usaha tersebut ia pegang, ia lakukan beberapa perubahan untuk mengikuti trend.

Pengembangan yang diakukan salah satunya dengan menambah berbagai jenis minuman kekininan. Ada thai tea, boba brown sugar, ocean blue dan lain-lain. Penambahan jenis –jenis aneka minuman tersebut merupakan hasil pengamatan Rio terhadap usaha serupa di seputaran Jogja.

Biasanya ia sengaja mengunjungi semacam café atau kedai yang menyediakan aneka minuman yang tergolong baru. Lantas apabila cocok dan layak jual di Gunungkidul ia akan mencari tutorial cara membuatnya di Youtube.

“Tentu saja juga bertanya-tanya di kafe yang bersangkutan. Mengikuti trend dan perkembangan teknologi cukup penting bagi saya untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha ini,” tutur pria berkaca mata ini.

Selain belasan aneka minuman, Kantin yang buka dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB ini juga menyediakan menu makanan seperti pecel lele, ayam geprek dan lain-lain.

Bagi Rio, pengenalan secara online dinilai penting dalam dunia bisnis apapun. Apalagi jika mempunyai inovasi produk yang baru, maka kecanggihan teknologi informasi akan bekerja mengenalkannya secara cepat dan luas. (Kandar)

Komentar

Komentar