Jalan Kabupaten Di Semin Mendesak Diperbaiki

oleh
Kondisi jalan kabupaten di Dusun Grotan, Desa Bendung, Semin, Gunungkidul. KH/ WAP.

SEMIN, (KH),– Akses jalan yang menghubungkan dua kecamatan dan tiga dusun yang melintasi Desa Bendung mengalami kerusakan serius.

Perbaikan dinilai sangat mendesak. Seperti diungkapkan tokoh warga setempat, Kusnan, rusaknya ruas jalan kabupaten yang berada di Dusun Garotan itu terjadi sejak tiga tahun lalu.

“Penyampaian kondisi jalan ini tidak segera direspon oleh pihak pemerintah dalam hal ini pihak dinas terkait,” keluhnya, Minggu, (25/8/2019).

Sementara itu, Kepala Desa Bendung, Didik Rubiyanto saat ditemui secara terpisah di kantornya menjelaskan, pemerintah desa sudah mengupayakan agar akses jalan kabupaten tersebut segera diperbaiki.

“Kami sudah mengupayakan agar akses jalan kabupaten yang menghubungkan dua kecamatan dan tiga dusun ini di perbaiki, sudah tiga kali kami mengusahakan lewat dana aspirasi dewan, langsung ke fraksi. Yang terakhir kami tanyakan ke Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP),” ujarnya.

Didik juga menambahkan, pihaknya tidak dapat berbuat banyak karena pembangunan akses jalan kabupaten bukan kewenangan pemerintah desa.

“Kami sebagai pemerintah desa sangat prihatin dengan kondisi jalan kabupaten yang rusak, tetapi karena jalan ini wewenangnya kabupaten bila kami perbaiki menggunakan dana desa kami menyalahi aturan,” kata dia.

Didik berharap, perbaikan jalan kabupaten yang menghubungkan tiga dusun dan melintasi lembaga sekolah yang akan mengikuti lomba tingkat nasional segera rampung pengerjaannya.

“Saya berharap pengerjaan dan perbaikannya disegerakan karena jalan ini merupakan akses menuju SDN Bendung 2. Kami tahu sekolah tersebut hendak menghadapi lomba Sekolah Adiwiyata nasional, sehingga seharusnya diprioritaskan,” pintanya.

Berdasar informasi yang diterima, jalan tersebut akan digarap pada tahun anggaran 2018/2019. Namun kenyataannya hingga saat ini belum terealisasi.

Dilain kesempatan, anggota DPRD dari partai Nasdem, Suharno S.E menjelaskan, memang sudah seharusnya jalan kabupaten pengerjaannya pemerintah kabupaten.

“Jadi memang sudah ada porsinya sendiri-sendiri kalo jalan desa melalui Undang-undang no.6 tahun 2014 yang harus membenahi baik itu pengerjaan ataupun perawatannya harus pemerintah desa, kalo jalan kabupaten itu undang-undang no 23 2014, ya Pemkab pengerjaannya,” tuturnya.

Suharno juga menegaskan dirinya akan berusaha serius untuk merealisasikan pembangunan jalan kabupaten di Dusun Garotan. Jalan tersebut akan diprioritaskan pada pembahasan anggaran diawal masa kerjanya.

“Kami kemarin konsentrasi di dapil satu jadi belum berkonsentrasi di dapil tiga, ya nanti di dapil tiga dititipkan kepada saya, semoga saja,” katanya. (WAP)

Komentar

Komentar