Inilah Keunggulan Bercocok Tanam dengan Polybag

oleh
Bercocok-tanam dengan polybag. Foto: pertanianku.

KH.- Bercocok tanam menggunakan polybag pada saat ini sudah sangat populer. Hal ini karena dengan menggunakan media polybag tidaklah memakan lahan yang luas. Bahkan, dengan lahan sempit pun kegiatan berkebun dapat berjalan. Jenis tanaman yang dapat menggunakan polybag pada umumnya berupa sayuran dan buah.

Bercocok tanam menggunakan media polybag selain cukup praktis, biaya yang dikeluarkan pun cukup terjangkau. Pemilihan polybag sebagai media tanam untuk budidaya dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: tahan karat, tahan lama, ringan, tidak cepat kotor, dan mudah sekali untuk diperoleh. Selain itu, polybag sangat baik untuk drainase dan aerasi sehingga tanaman cepat sekali subur.

Jika ingin bercocok tanam dengan media ini, maka perlu mengenali karakteristik tumbuhan dan media tanamnya. Misalnya, tanaman buah memerlukan media tanam yang solid, sedangkan sayuran daun justru memerlukan media tanam yang gembur dan mudah tertembus akar.

Berikut beberapa syarat media yang baik yang bisa dipakai untuk tanaman polybag:

  • Mampu menyediakan ruang tumbuh bagi akar sekaligus sebagai penopang tanaman. Artinya, jangan memilih media yang terlalu gembur sehingga tanaman dapat tumbuh dengan kokoh.
  • Media harus menyediakan unsur hara yang cukup, baik makro maupun mikro. Ini dapat dipenuhi dengan penambahan pupuk kompos dan pupuk kandang yang cukup.
  • Tidak mengandung bibit penyakit. Pastikan bahwa media tanam harus bersih dari hama penyakit dan pastikan pula bibit harus higienis.
  • Ada beberapa ragam material yang bisa dimanfaatkan dalam menggunakan media polybag, mulai yang alami hingga yang sintetis. Sebagai contoh, material yang bisa digunakan dan sangat mudah didapatkan adalah tanah, kompos atau humus, pasir, arang sekam, dan sabut kelapa.

Dengan menggunakan polybag sebagai media tanam, kita tidak perlu lagi mengolah tanah yang akan ditanami. Cukup campurkan tanah kebun, kompos, dan pasir dengan perbandingan yang sama kita dapat memulai bercocok tanam di polybag.

Tanaman yang dibudidayakan dalam polybag cenderung memiliki ketahanan lebih bagus daripada ditanam dengan media yang lainnya. Ini karena dengan media polybag pengawasan tanaman dapat dilakukan secara individu dan nutrisi yang diberikan kepada tanaman juga langsung diserap oleh akar.

Keuntungan lain jika bercocok tanam dengan menggunakan media polybag adalah tanaman yang Anda budidayakan tidak mengenal musim. Dengan begitu, dipastikan dapat memanen kapan saja. (Andriyani)

Komentar

Komentar