Ikuti Lomba Bercerita Berhadiah Jutaan Yang Diselenggarakan DPK

oleh
Penyerahan pemenang lomba bercerita KPAD tahun 2015 lalu. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH),– Dalam waktu dekat Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Gunungkidul (DPK) akan menyelenggarakan lomba bercerita. Lomba akan dibagi menjadi dua kategori, umum dan mahasiswa serta kategori siswa SD/ MI.

Kasi Pengadaan, Pengolahan Bahan Pustaka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gunungkidul, Prihastuti Setyaningsih menyampaikan, lomba dimaksudkan dalam rangka upaya penumbuhan minat baca pada masyarakat.

“Salah satunya melalui tradisi lisan berupa dongeng, mitos, cerita dan sejenisnya yang merupakan kekayaan tradisi  budaya masyarakat Indonesia,” terangnya.

Diinformasikan, untuk kategori umum dan mahasiswa akan dibatasi maksimal sebanyak 20 peserta, sedangkan kategori pelajar SD/ MI dibatasi sebanyak 40 peserta yang berasal dari siswa kelas 4 dan 5.

“Peserta dibatasi berdasar pengirim pertama sesuai jumlah kuota. Peserta SD/ MI naskah diterima dari tanggal 17-31 Juli 2017. Sedangkan kategori umum naskah diterima antara tanggal 3-31 Juli 2017,” jelas Prihastuti.

Mengenai materi lomba, lanjutnya, naskah merupakan cerita rakyat yang mengandung nilai kepahlawanan atau legenda yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Isi cerita diwajibkan terhindar dari unsur percintaan, romantisme atau perselingkuhan, unsur kekerasan, unsur pembunuhan dan perebutan kekuasaan.

Mengenai teknis pelaksanaan lomba yang lebih rinci dapat menghubungi DPK Gunungkidul di Jl. Kol. Sugiyono No. 35 Wonosari, Telp/fax (0274) 394194. Atau melakukan konfirmasi melalui CP. Siti Indarwati di nomor 087839154446.

Lomba bercerita yang dibagi kedalam dua kategori tersebut memperebutkan hadiah dengan total mencapai Rp. 3.300.000. (Kandar)

Komentar

Komentar