Idul Adha: Dinas Pertanian Dan Pangan Terjunkan Tim Pengawas Pemotongan Hewan

oleh
Pengecekan kesehatan hewan qurban oleh Tim Pelaksana Pengawasan Pemotongan Hewan Qurban. KH

WONOSARI, (KH),– Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, DIY dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha atau Hari Kurban menerjunkan tim khusus yang akan mengawasi pemotongan hewan.

Pelaksana Tugas Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Windu Wardana mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ratusan petugas yang akan mengawal pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Gunungkidul.

“Ada sebanyak 169 anggota Tim Pengawas Pemotongan Hewan. Semuanya telah dibekali bagaimana teknis pemantauan nanti,” terang Windu.

Disebutkan, anggota tim berasal dari unsur medis atau dokter hewan dibantu tenaga teknis dan kesekretariatan. Tim pengawas juga telah memberikan pembekalan kepada perwakilan takmir setidaknya dari 30 masjid.

“Takmir dibekali bagaimana agar tingkat kualitas penyembelihan dan higienitas daging terjaga,” imbuh Windu.

Lanjutnya, dari keseluruhan anggota, sebanyak 80-an petugas akan dikonsentrasikan di Kecamatan Wonosari. Sementara sisanya berada di kecamatan-kecamatan lain dibantu tenaga dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskeswan.

Selain bersiap memantau jalannya penyembelihan, tim pengawas penyembelihan juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban. Dari hasil pemeriksaan,  hewan kurban dipastikan dalam kondisi sehat.

“Kami khawatir ada antrak. Tetapi sejauh ini semua aman. Yang sempat mendapat pemeriksaan kondisi hewan negative antrak,” tukas Windu. (Kandar)

Komentar

Komentar