IDI Gunungkidul Dorong Reformasi Sistem Kesehatan Supaya Pro Rakyat

Aksi damai IDI Gunungkidul di depan Gedung Dewan. KH
Aksi damai IDI Gunungkidul di depan Gedung Dewan. KH

WONOSARI, (KH)— Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke 66 dan menindak lanjuti surat Pengurus Besar (PB) IDI no 00649/PB/A.3/2016 tentang aksi damai, IDI Cabang Gunungkidul menggelar aksi damai di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul, Senin, (24/10/2016).

Disampaikan Koordinator aksi dr. Bintang Berlian, Sp.An, hal tersebut didasari adanya sikap untuk menyadari dinamika dan aspirasi yang berkembang, IDI Gunungkidul berusaha mengakomodir  aspirasi anggota yang beragam dengan tidak mengangkat tema yang berpotensi pro dan kontra.

“Kita mendukung aksi damai sesuai dengan garis kebijakan PB IDI. Kami, Idi Gunungkidul Mendorong Reformasi Sistem Kesehatan Yang Pro Rakyat,” ujarnya.

Pelaksanaan aksi damai dilakukan dengan beraudiensi dengan ketua Dewan dan komisi yang membidangi untuk menyampaikan aspirasi IDI Gunungkidul ke DPR Pusat. Kegiatan ini diikuti sedikitnya oleh 60-an anggota IDI Gunungkidul.

Secara rinci beberapa aspirasi yang disampaikan diantaranya;

  1. Mendukung peran dokter sebagai agen pembaharu/ perubahan (agent of change) , agen pembangunan (agent of development) dan agen pengobatan (agent of treatmen).
  2. Pembenahan system kesehatan di Indonesia dengan berorientasi kepada masyarakat yang lebih luas.
  3. Pembenahan sistem jaminan kesehatan nasional (JKN) yang berorientasi pada keslamatan pasien namun dengan tetap mengedepankan standar kualitas pelayanan dan penghargaan yang proposional terhadap profesi
  4. Pembenahan system pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dengan dukungan pembiayaan dari pemerintah
  5. Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan tingkay layanan dan standar kompetensi
  6. Regulasi hukum yang lebih proporsional terhadap tindakan dokter yang bertujuan untuk menyelamatkan pasien namun beresiko tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno ikut menyambut kedatangan rombongan IDI. Pihaknya mengaku dalam waktu dekat akan menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dari IDI ke pusat demi pelayanan kesehatan ke masyarakat yang semakin baik. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar