Hari Pramuka ke 57: Pramuka Perekat NKRI

oleh
Peringatan HUT Pramuka di Lapangan Piyaman, Wonosari. foto: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Apel Besar upacara hari Pramuka Ke – 57 dari Kwartir cabang gerakan Pramuka Gunungkidul digelar Selasa, (14/8/2018) di lapangan Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kesempatan tersebut, selain mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke 57, Pembina Apel, Dr. Drs. H Immawan Wahyudi SH MH, berharap, jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tema Hari Pramuka ke 57 Tahun 2018 ini adalah ‘Pramuka Perekat NKRI’. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat NKRI,” papar Immawan. Menurut Immawan, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

Pihaknya juga optimis dan percaya bahwa beragam kegiatan pramuka efektif untuk mempererat persatuan dan menyatukan anak-anak muda. Perkemahan adalah metode paling efektif menumbuhkan semnagat persatuan, Di bumi perkemahan, segala perbedaan menjadi kekuatan, di bumi perkemahanlah anak-anak muda belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaannya. Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan-kegiatan luar ruangan yang menyenangkan.

Lebih jauh disampaikan, Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

“Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku,” papar Immawan menerangkan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady, SH,SIK, MH., Kajari Wonosari, Sunarto SH, perwakilan Kodim 0730/GK, Kapten Inf Sunardi, Kepala Disdikpora, Drs. Bahron Rosyid, Camat Wonosari, Drs Siswanto dan sejumlah tamu undangan lain.

DAlam kesempatan yang sama, diberikan penganugrahan penghargaan Lencana Panca Warsa dari Kwartir DIY, Gusti Kanjeng Mangkubumi kepada Pembina Pramuka selama 5 tahun berturut-turut, Budi Cahyanto dan Edi Suryanto. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Pembina Apel, Dr. Drs .H. Immawan Wahyudi SH. MH. (Kandar)

Komentar

Komentar