Hari Koperasi Ke 71: Sinergi Koperasi Dan UMKM Demi Raih Kesejahteraan

oleh
Bupati Gunungkidul, Badingah meninjau stand UMKM Batik pada Gunungkidul Expo 2018 pada peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71. KH

WONOSARI, (KH),– Memperingati Hari Koperasi (Harkop) Nasional ke 71, di alun-alun Wonosari digelar Harkop Expo 2018. Kegiatan yang bertema Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional tersebut dibuka oleh Bupati Gunungkidul, Badingah, Selasa, (24/7) malam.

Dalam kesempatan pembukaan, Badingah berharap agar keberadaan koperasi sebagai soko guru perekonomian dapat menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat di Gunungkidul.

“Untuk mewujudkan cita-cita tersebut kita harus menangkap sekaligus mensikapi beragam peluang dengan sinergitas yang baik antara koperasi dan UMKM,” harap Badingah.

Menurutnya, koperasi dapat menjadi wadah yang efektif bagi para pelaku UMKM dalam mendukung usahanya sehingga semakin responsif, kreatif dan inovatif baik dalam produksi maupun pemanfaatan IPTEK dalam pemasarannya.

Penguasaan IPTEK untuk menunjang marketing terbukti mampu memperluas jangkauan pasar sehingga meningkatkan omset penjualan. Sehingga pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada momentum Harkop Expo 2018 tersebut bupati juga meminta kepada semua pemangku kepentingan untuk menggalang semangat dan gairah guna memajukan koperasi.

Untuk diketahui, Harkop Expo diikuti 100 UMKM dari perwakilan 18 kecamatan. Kegiatan pameran tersebut akan diselenggarakan hingga Sabtu, (28/7/2018) mendatang. Sebagai pelengkap Expo juga dipentaskan berbagai kesenian diantaranya; jathilan, musik keroncong, dan wayang kulit. (Kandar)

Komentar

Komentar