‘Gunungkidul Bangkit’, Bangkitnya Masyarakat Pasca Bencana

oleh
Para pemenang lomba kreativitas guru dan pelajar dalam kegiatan Gunungkidul Bangkit di Nglipar. KH/ Bilal.

NGLIPAR, (KH),– Kegiatan bertajuk ‘Gunungkidul Bangkit’ digelar di Kecamatan Nglipar, Selasa, (20/12/2017). Kegiatan yang digelar di kompleks Kantor Kecamatan Nglipar, Lapangan Nglipar serta SMK Teruna Jaya 1 Nglipar itu diisi dengan belasan lomba yang melibatkan  peserta guru dan pemuda.

Beberapa lomba merupakan kreativitas guru dan pemuda, diantaranya; mendongeng, cipta dan baca puisi, menari, gerak dan lagu, senam, karaoke, solo vocal, fotografi pelajar, karya tulis, fashion show, band dan paduan suara karang taruna.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama karang taruna kabupaten dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul. Perwakilan Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Gunungkidul, Ramiyo, S.Pdi, M.Pd, mengatakan, kegiatan dilaksanakan sebagai wujud bangkitnya masyarakat setelah terjadi bencana alam.

“Lomba diharapkan memunculkan dan menambah potensi diri para guru. Hadiah dari panitia berupa trophy dan uang pembinaan kepada juara 1 sampai 5,” tutur Ramiyo.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua tim dari IGTK Kecamatan Nglipar, Agnes budi sulistyowati menyebut, dalam keikutsertaan pihaknya menampilkan fragmen dolanan anak dan menyanyi. Saat regunya tampil semua menggunakan bahasa jawa.

Antusiasme peserta lomba baik karang taruna dan guru dalam mengikuti lomba cukup nampak. Beban musibah bencana yang pernah terjadi seolah tak ada lagi.

Pada kegiatan lomba foto pelajar tak kalah menarik. Sedikitnya 33 pelajar yang berasal dari berbagai sekolah d Gunungkidul ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. (Bilal)